icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Risiko dan Efek Samping Alat Perapi Gigi yang Dijual Bebas dan Tanpa Pengawasan Dokter/

Risiko dan Efek Samping Alat Perapi Gigi yang Dijual Bebas dan Tanpa Pengawasan Dokter

Bahaya Alat Perapi Gigi yang Dijual Bebas dan Tanpa Pengawasan Dokter
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Sudah semakin banyak alternatif untuk meratakan gigi. Bahkan, saat ini ada alat perapi gigi yang dijual bebas di e-commerce secara online dengan harga yang murah. Alat perapi gigi tersebut umumnya juga menawarkan perawatan tanpa konsultasi dengan dokter gigi berpengalaman. 


Meskipun tampak menggiurkan, kamu harus berhati-hati dengan iming-iming tersebut! Ada risiko yang mengintai jika menggunakan alat perapi gigi tanpa pengawasan dokter, seperti kerusakan gigi dan gusi yang parah. Kalau sudah rusak, gigi kamu tidak akan bisa kembali seperti ke kondisi semula. Alih-alih mendapatkan gigi rata dan senyum memesona, kamu malah mengeluarkan biaya untuk perawatan gigi yang rusak tersebut. 


Baca juga: Clear Aligner™ vs Trainer Gigi, Apa Bedanya?


Efek Samping Alat Perapi Gigi yang Dijual Tanpa Pengawasan Dokter


Alat perapi gigi yang dijual di pasaran biasanya berupa teeth trainer. Teeth trainer merupakan alat untuk membantu meratakan gigi yang terbuat dari bahan semacam silikon. Alat ini disarankan dipakai anak-anak berusia 6-12 tahun, pada saat gigi susu sudah mulai tanggal, karena tulang rahang masih sangat mudah dibentuk dan diarahkan ke posisi yang ideal.


Penggunaan teeth trainer perlu pengawasan dokter agar hasilnya maksimal. Sebaliknya, penggunaan teeth trainer yang dilakukan sembarangan dan tanpa pengawasan dokter akan menimbulkan beberapa efek samping pada gigi. Mau tahu apa saja bahaya menggunakan teeth trainer yang dijual sembarangan dan tanpa pengawasan dokter? Berikut beberapa risiko yang harus diperhatikan.


1. Gigi tidak mengalami pergerakan

Teeth trainer yang dijual bebas di pasaran biasanya tidak mengharuskan calon pasien untuk konsultasi dengan dokter gigi. Selain itu, alat perapi gigi tersebut juga tidak dibuat sesuai ukuran dan kondisi gigi pasien.



Salah satu dampak dari penggunaan teeth trainer yang tidak sesuai dengan kondisi gigi adalah tidak akan mengalami pergerakan ke posisi yang diharapkan. Dengan demikian, penggunaan teeth trainer yang ditujukan untuk meratakan gigi jadi sia-sia, bukan?


2. Menyebabkan kerusakan gigi

Bahaya lain penggunaan alat perapi gigi yang dijual bebas adalah menyebabkan kerusakan pada gigi dan jaringan pendukung. Jaringan pendukung yang dimaksud berupa gusi, jaringan ikat, dan tulang yang mengelilingi gigi.



Teeth trainer yang dijual bebas di pasaran biasanya tidak dibuat oleh dokter gigi bersertifikat dan memiliki ukuran universal untuk anak kecil. Efek samping memakai teeth trainer seperti ini, jika digunakan secara paksa, apalagi pada orang dewasa yang rahangnya cukup besar, bisa menyebabkan tekanan yang tidak terkontrol pada gigi dan rahang. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan pendukung gigi. 


Jika sudah terjadi kerusakan pada jaringan pendukung, maka gigi bisa menjadi goyang bahkan lepas dari gusi. Selain itu, penggunaan teeth trainer yang tidak sesuai juga bisa memperparah kondisi gigitan antara gigi bawah dan atas.


Baca juga: Dokter Gigi Rata Ahli di Bidang Aligner? Cari Tahu di Sini!


Karenanya, dibutuhkan alat perapi gigi yang berbeda dengan teeth trainer bagi orang dewasa. Orang dewasa pun membutuhkan ukuran yang lebih besar dengan tekanan yang sesuai. Akar gigi pada gigi orang dewasa juga lebih kuat, sehingga alat perapi gigi pun membutuhkan tenaga yang lebih besar.


Jika kamu ingin meratakan gigi dengan aman dan hasilnya memuaskan, pilihlah aligner gigi yang terpercaya dan bersertifikat. Kamu bisa menggunakan alignerRata yang sudah memiliki izin edar alat kesehatan dari Kemenkes RI. 


Selain izin edar, penggunaan alignerRata juga disupervisi langsung oleh dokter gigi profesional. Di awal perawatan, pasien diharuskan melakukan konsultasi tentang kondisi gigi dan cetak gigi terlebih dahulu. Jadi, aligner gigi yang didapatkan sudah disesuaikan dengan kondisi gigi kamu. Konsultasi untuk perawatan alignerRata dapat dilakukan secara online maupun offline di Klinik Rata, lho!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? 


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar