icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Ringan, Sedang, dan Berat, Mana Tingkat Keparahan Gigi Berjejal?/

Ringan, Sedang, dan Berat, Mana Tingkat Keparahan Gigi Berjejal?

Tingkat Keparahan Gigi Berjejal
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana 


Gigi crowding atau gigi berjejal merupakan salah satu masalah gigi yang umum terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Menurut American Association of Orthodontist, kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti ukuran gigi yang lebih besar dari biasanya dan ruang di area rahang yang tidak memadai atau keduanya. 


Di dunia medis, gigi crowding biasanya dikategorikan berdasarkan tingkat keparahannya yaitu ringan (mild), sedang (moderate), hingga berat (severe). Namun, bagaimana dokter gigi menentukan tingkat keparahan berantakan gigi? Simak terus artikel ini untuk tahu jawabannya!


Ciri-ciri gigi crowding

Foto Before-After Gigi Crowding


Hal pertama yang perlu diketahui dari gigi crowding adalah tanda-tanda dari kondisinya. Menurut situs WebMd ada beberapa ciri atau tanda dari kondisi ini, seperti:


  • Gigi yang tumpang tindih: gigi tumbuh di luar lengkung rahang, atau tidak tumbuh sama sekali dan menempel di bawah tulang atau impaksi karena tidak ada cukup ruang untuk tumbuh di dalam lengkung rahang.
  • Tulang rahang kecil: struktur tulang rahang yang terlalu sempit untuk gigi tumbuh sejajar.
  • Pola pertumbuhan abnormal: adanya gangguan dari pola pertumbuhan gigi sehingga menyebabkan gigi tidak tumbuh pada posisi yang seharusnya


Baca juga: Maloklusi (Gigi Berantakan): Pengertian, Penyebab, Jenis & Cara Mengatasinya


Bagaimana mengetahui tingkat keparahan gigi crowding?

Tingkat keparahan gigi crowding biasanya didiagnosis melalui pemeriksaan gigi rutin. Dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi dan mungkin akan melakukan rontgen gigi untuk mendiagnosis tingkat keparahan berantakan gigi.


“Untuk mengetahui tingkat keparahan gigi, biasanya dokter gigi akan melihat dari ketersediaan ruangan pada lengkung rahang disertai dengan pemeriksaan X-ray atau rontgen gigi panoramic dan sefalometri (jika kekurangan ruangan cukup banyak,” kata drg. Jessica Endriyana, Rata Dentist.


Berikut ini tahapan yang dilakukan dokter gigi ketika melakukan pengecekan tingkat keparahan gigi:


  • Pertama, dokter gigi akan melakukan klinis intra oral (dalam mulut) dan ekstra oral (profil wajah).
  • Setelah itu, dokter gigi akan melakukan evaluasi kasus gigi pasien (berjejal/renggang/maju, dll).
  • Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan penunjang, berupa X-ray. Namun, pemeriksaan ini tergantung kasus gigi pasien (panoramik/periapikal/sefalometri).
  • Dokter gigi akan menganalisa ruangan dalam lengkung rahang pasien atas dan bawah.
  • Terakhir, dokter gigi akan menentukan rencana perawatan gigi pasien (pergerakkan gigi pasien).


Baca juga: Pakai Aligner Rata, Gigi Berjejal Yusup Rata dalam 4 Bulan*


Cara Mengatasi Gigi Crowding

Tak hanya mengganggu penampilan, gigi crowding bisa mempengaruhi kesehatan secara umum. Bahkan menurut American Association of Orthodontist, kondisi ini bisa menyebabkan kesulitan berbicara, kesulitan menggigit dan mengunyah makanan, menyebabkan nyeri dan kejang otot di sekitar persendian rahang, hingga menyebabkan kerusakan gigi yang parah karena gigi yang berantakan sulit untuk dibersihkan.


Oleh karena itulah, gigi berjejal sebaiknya segera diatasi dengan perawatan ortodontik. Salah satu perawatan ortodontik terbaik yang bisa mengatasi gigi crowding adalah Clear Aligner™. Clear Aligner™ merupakan perawatan untuk meratakan gigi terkini, solusi alternatif selain behel atau kawat gigi. 


Alignergigi terbuat dari bahan plastik bening dengan tekstur yang sangat tipis (kurang dari 1 mm). Tidak seperti behel, Alignergigi didesain transparan sehingga tidak akan mengganggu penampilan. Pemakaian Aligner sendiri dinilai jauh lebih nyaman dan tidak menyakitkan dibandingkan dengan behel.



Tertarik menggunakan metode ini untuk mengatasi gigi crowding? Salah satu pilihan Clear Aligner™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligner Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Selain bisa mengatasi gigi berjejal, Aligner Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan lain, seperti gigi renggang, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan gigi crowding dengan Aligner Rata, sebaiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligner dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligner gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar