icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Sering Malas Pakai Aligner? Ketahui Risiko dan Ikuti 3 Cara Mudah Mengatasinya!/

Sering Malas Pakai Aligner? Ketahui Risiko dan Ikuti 3 Cara Mudah Mengatasinya!

Sering Malas Pakai Aligner? Ketahui Risiko & Ikuti 3 Cara Mudah Mengatasinya!
dok. Rata Indonesia

Aligner gigi memang telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin memperbaiki penampilan gigi tanpa menggunakan behel. Clear aligners menawarkan kelebihan dalam hal fleksibilitas dengan mudahnya dilepas dan pasang. 


Meski begitu, masih banyak orang yang tidak konsisten dalam memakai clear aligners. Padahal, kedisiplinan  berperan penting terhadap hasil akhir proses meratakan gigi.


Baca juga: 7 Langkah Mendapatkan Clear Aligner Rata, Mudah dan Gak Ribet!

3 Risiko Jika Tidak Disiplin Pakai Clear Aligner


Malas menggunakan clear aligners dapat menimbulkan risiko-risiko yang dapat mempengaruhi efektivitas perawatan dan kesehatan gigi secara keseluruhan. Berikut adalah tiga risiko yang mungkin terjadi jika kamu sering malas menggunakan aligner gigi.

1. Perubahan pada Posisi Gigi

Salah satu risiko utama kamu malas menggunakan aligner gigi adalah perubahan yang tidak efektif terhadap pergerakan gigi ke posisi yang ideal. Clear aligners dirancang untuk menggerakkan gigi secara bertahap ke posisi yang diinginkan. Namun, jika kamu tidak mengenakan clearaligners sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh dokter gigi, proses perubahan posisi gigi dapat terganggu dan hasilnya mungkin tidak memuaskan.

2. Durasi Perawatan Lebih Lama

Tidak disiplin dalam menggunakan aligner gigi juga dapat memengaruhi durasi perawatan. Hal ini dapat mengakibatkan waktu yang lebih lama untuk mencapai hasil yang kamu inginkan. Tentunya, hasil akhir perawatan juga akan berubah dan tidak sesuai dengan plan awal saat konsultasi. Kalau sudah begini, kamu perlu berkonsultasi lagi dengan dokter, ya.

3. Gigi Berisiko Sakit dan Ngilu

Jika kamu malas menggunakan aligner, gigi akan berisiko sakit dan ngilu. Hal ini disebabkan oleh perubahan posisi gigi yang tidak stabil. Ketika aligner dilepas, gigi bisa kembali ke posisi semula atau bergerak ke posisi yang tidak diinginkan, sehingga menyebabkan ngilu pada gigi dan gusi. 


Oleh karena itu, rajin dalam memakai aligner sesuai dengan petunjuk dokter gigi sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan efektivitas perawatan gigi kamu.


Baca juga:  Apakah Aligner Gigi Harus Dipakai saat Tidur?

3 Tips Simpel Buat Kebiasaan Baru Pakai Aligner

Penting untuk diingat bahwa konsistensi adalah kunci dalam mencapai hasil yang optimal dengan penggunaan aligner. Berikut tiga tips simpel yang dapat membantu kamu mengubah kebiasaan menggunakan aligner agar lebih teratur.

1. Pakai Aligner Saat Tidur

Memakai aligner saat tidur adalah waktu yang tepat karena kamu tidak akan merasakan ketidaknyamanan selama penggunaannya. Selain itu, menggunakan aligner saat tidur dapat membantu menyesuaikan posisi gigi secara alami selama istirahat, sehingga proses perubahan posisi gigi menjadi lebih efektif.

2. Lepas Aligner Saat Makan


Penting untuk melepas aligner saat makan atau minum sesuatu yang tidak air bersih. Hal ini tidak hanya membantu mencegah kerusakan pada aligner akibat interaksi dengan makanan atau minuman, tetapi juga memastikan kebersihan gigi dan mulut saat makan.

3. Gunakan Alarm sebagai Pengingat

Manfaatkan alarm pada ponsel atau jam tangan kamu sebagai pengingat untuk memakai dan melepas aligner. Atur alarm pada waktu yang sama setiap hari untuk memudahkan kamu dalam membentuk kebiasaan memakai aligner secara teratur.

Berikut adalah beberapa rekomendasi Klinik Gigi Rata yang bisa kamu kunjungi untuk konsultasi penggunaan aligner.

Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Cari tahu daftar alamatKlinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.

Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120

Smile Dental Clinic Gunawarman

Mencari klinik gigi di sekitar Jakarta Selatan? Smile Dental Clinic Gunawarman akan menawarkan pengalaman konsultasi dokter gigi yang lebih menyenangkan!


Alamat: Jl. Gunawarman No.75 3, RT.3/RW.7, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar