icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Bolehkah Menggunakan Clear Aligners™ saat Tidur Saja?/

Bolehkah Menggunakan Clear Aligners™ saat Tidur Saja?

Pakai Clear Aligners saat Tidur Saja
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Clear Aligners merupakan metode meratakan gigi terkini yang bisa dibilang sangat mudah dan praktis. Terbuat dari plastik transparan medical grade dan BPA-free, Aligners bisa dilepas pasang dan dibersihkan hanya menggunakan air mengalir.


Karena bisa dilepas pasang kapan saja, beberapa pasien pun kerap bertanya apakah boleh menggunakan Clear Aligners saat tidur saja? Untuk tahu jawabannya, simak penjelasan dari Rata Head of Dentist, drg. Natasia Kohar, berikut ini!


Baca juga: Apakah Aligner Gigi Harus Dipakai saat Tidur?


Bolehkah Menggunakan Clear Aligners™ saat Tidur Saja?

Menurut Rata Head of Dentist, drg. Natasia Kohar, Clear Aligners tidak disarankan dipakai hanya pada saat tidur saja. Alasannya, karena Aligners yang dipakai secara tidak rutin apalagi hanya pada saat malam hari atau tidur saja bisa menyebabkan pergerakan gigi menjadi kurang maksimal.


Tak hanya membuat pergerakan gigi menjadi kurang maksimal, Clear Aligners yang tidak digunakan secara rutin juga bisa berpengaruh ke fitting Aligners™. 


“Maksudnya, Aligners menjadi tidak pas atau tidak fit saat dipakai, karena pergerakannya tidak sesuai dengan yang sudah didesain sejak awal,” ungkap drg. Natasia Kohar.


drg. Natasia melanjutkan, hal lain yang dapat terjadi jika kamu menggunakan Clear Aligners secara tidak rutin adalah rasa sakit ketika menggunakan Aligners karena pemakaiannya yang tidak teratur. 


Rata Family, itulah beberapa risiko jika kamu menggunakan Clear Alignershanya pada saat malam hari atau tidur saja. Dengan demikian kamu harus tetap memakai Clear Aligners sepanjang hari, karena menurut aturan pemakaian, Aligners harus dipakai selama 20-22 jam per harinya.


Baca juga: Dipakai 22 Jam per Hari, Ketahui Waktu yang Diperbolehkan untuk Melepas Aligner


Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan Alignersuntuk meratakan gigi? Salah satu pilihan Clear Aligners™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligners Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Aligners Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligners dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligners gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar