icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Wajib Tahu! Ini Perawatan Gigi Sebelum Pakai Clear Aligners™/

Wajib Tahu! Ini Perawatan Gigi Sebelum Pakai Clear Aligners™

perawatan sebelum pakai clear aligners
dok. Rata Indonesia

Meratakan gigi dengan clear aligners™ kini menjadi perhatian publik, karena terbilang lebih nyaman daripada behel. Dengan clear aligners™, kamu dapat meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan bisa dilepas pasang. Jadi, kamu bisa tetap makan dengan nyaman, sekaligus tidak mengganggu penampilan. 


Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan clear aligners™. Salah satunya melakukan perawatan gigi agar pemakaian clear aligners™ berjalan optimal. Berikut beberapa perawatan yang harus dilakukan sebelum menggunakan clear aligners™: 


Jenis perawatan gigi sebelum pakai clear aligners™ 

Tidak kalah penting dengan disiplin dalam mengenakan clear aligners selama 20-22 jam sehari, perawatan gigi sebelum memakai clear aligners dapat berdampak pada keseluruhan perawatan.


1. Slicing 

Slicing gigi merupakan tindakan untuk memberikan ruang di antara gigi maksimal 0.5mm, agar gigi bergerak secara optimal tanpa merusak gigi. Pengerjaan slicing biasanya akan memakan waktu sekitar 30-45 menit tergantung kasus gigi. 


Namun, tidak semua pasien harus melakukan slicing gigi. Tindakan ini akan ditentukan oleh dokter gigi yang menangani kasus gigi kamu saat konsultasi di awal perawatan. 


Baca juga: Slicing Gigi Aman dan Tidak Sakit! Ini Cara Kerjanya 


2. Scaling

Pengecekan kondisi gigi sangat diperlukan sebelum menggunakan clear aligners™. Scaling gigi menjadi salah satu persiapan yang tidak boleh terlewatkan. 

Sebaiknya, scaling dilakukan sebelum cetak gigi, karena karang gigi dapat memengaruhi bentuk gigi seseorang dan aligner kamu. Oleh karena itu, scaling perlu dilakukan jauh sebelum penggunaan clear aligners™.  


3. Tambal gigi 

Tambal gigi diperlukan untuk menutup lubang pada enamel gigi dan mengurangi risiko pembusukan. Perawatan ini juga sebaiknya dilakukan sebelum menggunakan clear aligners™, untuk terhindar dari sakit gigi selama masa perawatan. Kamu dapat melakukan tindakan ini, sebelum pencetakan gigi agar tidak mempengaruhi bentuk gigi dan aligner. 

4. Pemasangan attachment 

Attachment clear aligners™ berfungsi untuk memastikan pergerakan gigi berjalan maksimal dan aligners™ terpasang pas di setiap gigi pasien. Attachment berbentuk kotak-kotak kecil dengan bahan tambalan berwarna seperti gigi yang tidak akan mengganggu estetika gigi. 


5. Cetak gigi

Cetak gigi merupakan salah satu tindakan yang wajib dilakukan sebelum perawatan untuk memastikan clear aligners™ sesuai dengan bentuk gigi kamu. Selain itu, cetak gigi juga berfungsi untuk membuat video 3D simulasi pergerakan gigi dan mengetahui durasi perawatan menggunakan clear aligners™.


Baca juga: Cetak Gigi Sendiri di Rumah, Ini Caranya!


Untuk mengetahui jenis perawatan yang perlu kamu lakukan sebelum pakai clear aligners™, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi Rata. Selain itu, kamu juga akan dipandu dalam memilih paket clear aligners™ yang sesuai dengan kasus gigi. 

Silakan hubungi CS untuk booking konsultasi dengan dokter gigi kami atau cari informasi lebih lanjut di sosial media kami di @rata.id. 


Rekomendasi Klinik Rata Terdekat

Ingin menggunakan clear aligners™ dalam waktu dekat? Yuk, konsultasikan gigimu terlebih dahulu di klinik Rata. Berikut beberapa alamat Klinik Rata yang bisa kamu kunjungi.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi Klinik Rata Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata. 


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut!


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Mau tahu lebih lengkap tentang lokasi Klinik Rata di sekitarmu? Silakan hubungi tim CS Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar