icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/ Attachment Aligner, Apa Saja Fungsi dan Kegunaannya?/
Aligner Gigi 101

Attachment Aligner, Apa Saja Fungsi dan Kegunaannya?

 Attachment Aligner, Apa Saja Fungsi dan Kegunaannya?
dok. Rata Indonesia

Selain menggunakan behel untuk meratakan gigi, beberapa orang memilih aligner sebagai alternatif perawatan gigi rata yang lebih efektif. Dalam perawatan gigi ini, umumnya pasien juga akan menggunakan attachment pada aligner yang dipakai. Sudah familiar dengan aligner dan bagaimana cara kerjanya?


Bagi yang belum familiar dengan aligner, aligner adalah alat perata gigi yang memiliki fungsi yang sama dengan behel. Hanya saja bentuk dan cara pemakaiannya cukup berbeda. Begitu pun dengan jangka waktunya, meratakan gigi dengan aligner jauh lebih cepat dibandingkan dengan kawat gigi.


Sudah disebutkan sebelumnya, dalam penggunaan aligner, attachment disarankan untuk turut digunakan. Nah, attachment ini yang berfungsi untuk membuat proses perapihan gigi semakin efektif. Kira-kira seperti apa attachment dan bagaimana cara kerjanya?

Yuk, ketahui jawabannya dari ulasan berikut ini!


Fungsi Attachment Aligner


Attachment memiliki peran penting dalam meratakan gigi dengan menggunakan aligner. Bentuk attachment seperti kotak-kotak kecil dan berfungsi sebagai titik tekan untuk memastikan pergerakan gigi maksimal. Bahan attachment adalah bahan tambalan sewarna gigi (komposit) tipe flowable, sehingga tidak mengganggu estetika karena memiliki warna yang sama dengan gigi.


Dengan penggunaan attachment aligner, proses pergerakan gigi akan menjadi lebih efektif dan menyeluruh serta bertahan lama. Attachment akan bekerja dengan cara membantu menggerakkan gigi dengan lebih presisi ke arah yang seharusnya guna mencapai posisi terbaik dan paling efisien.


Sedangkan, tanpa adanya attachment aligner, kemungkinan perataan gigi dengan aligner akan berlangsung lebih lama dan kemungkinan gigi akan kembali ke kondisi awal sangat besar terjadi.


Jenis attachment pada aligner

Attachment sendiri terbagi menjadi dua, yakni:



1. Attachment aktif yang dipasangkan untuk membantu pergerakan gigi



2. Attachment pasif yang berguna untuk membantu agar aligner lebih klop ke gigi


Kedua jenis attachment aligner tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan gigi sang pasien. Dokter akan mengecek terlebih dahulu kondisi gigi pasien, baru setelah itu menentukan penempatan attachment untuk membantu gigi bergerak tanpa memberikan tekanan yang terlalu kuat.


Bisakah attachment dilepas pasang layaknya aligner?

Attachment ini hampir tidak terlihat karena terbuat dari bahan tambalan yang warnanya menyerupai warna gigi dan direkatkan pada permukaan gigi sebelum dipasangkan aligner. Penggunaan attachment juga tidak akan mengganggu aktivitas maupun penampilanmu sehingga bisa dibiarkan meski sedang melepaskan aligner.


Jika kamu memiliki pertanyaan seputar attachment dan pemasangan aligner, ada baiknya lakukan konsultasi secara online dengan dengan dokter gigi Rata. Dokter gigi Rata akan memberikan informasi yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa menjadwalkan cetak aligner dari rumah yang akan dibantu oleh dokter gigi Rata lewat video call.


Ya, konsultasi hingga pencetakan aligner Rata dapat dilakukan secara online sehingga kamu tidak perlu repot-repot datang ke klinik. Nantinya, alat bantu pencetakan aligner dan hasilnya akan dikirimkan langsung ke rumahmu. Jadi, kamu bisa meminimalkan kunjungan ke klinik.


Ingin membuat aligner tanpa repot harus keluar rumah? Yuk, atur jadwal konsultasi online dengan dokter gigi Rata dan cetak aligner kamu sekarang! Tanyakan semua keluhan tentang kesehatan gigimu, baik itu perawatan hingga pemasangan attachment aligner.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar