icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/ Attachment Aligner Gigi, Apa Saja Fungsi dan Kegunaannya?/

Attachment Aligner Gigi, Apa Saja Fungsi dan Kegunaannya?

attachment untuk aligner gigi
dok. Rata Indonesia

Selain menggunakan behel untuk meratakan gigi, beberapa orang memilih clear aligners sebagai alternatif meratakan gigi yang lebih efektif dan efisien. Saat dalam perawatan aligner gigi, umumnya pasien juga akan menggunakan attachments pada clear aligner yang dipakai maupun di gigi secara langsung. Namun, apakah kamu sudah familiar betul dengan clear aligners dan bagaimana cara kerja aligner gigi?


Apa itu aligner gigi? Aligner gigi (clear aligners) adalah alat perata gigi selain behel, namun memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk merapikan atau meratakan gigi yang berantakan. Hanya saja bentuk dan cara pemakaiannya cukup berbeda. Begitu pun dengan jangka waktu perawatan ini dilakukan, meratakan gigi dengan clear aligners jauh lebih cepat* dibandingkan dengan kawat gigi.


Sudah disebutkan sebelumnya, dalam penggunaan clear aligners, attachment disarankan untuk turut digunakan. Nah, aligner attachments ini yang berfungsi untuk membuat proses meratakan gigi semakin efektif. Kira-kira seperti apa aligners attachment dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, ketahui jawabannya dari ulasan berikut ini!


Baca juga: Ketahui Cara Kerja Clear Aligner untuk Meratakan Gigi


Fungsi Aligner Attachments


Aligner attachments memiliki peran penting dalam meratakan gigi dengan perawatan clear aligners. Bentuk attachment terlihat cenderung seperti kotak-kotak kecil dan berfungsi sebagai titik tekan untuk memastikan pergerakan gigi maksimal. Bahan aligners attachment adalah bahan tambalan sewarna gigi (komposit) tipe flowable, sehingga tidak mengganggu estetika atau penampilan, karena memiliki warna yang sama dengan gigi.


Dengan penggunaan attachment aligner, proses pergerakan gigi akan menjadi lebih efektif, menyeluruh dan bertahan lama. Aligner attachments akan bekerja dengan cara membantu menggerakkan gigi dengan lebih presisi ke arah yang seharusnya guna mencapai posisi terbaik dan paling efisien.


Sedangkan, tanpa adanya attachment aligner, kemungkinan perataan gigi dengan aligner akan berlangsung lebih lama dan kemungkinan gigi akan kembali ke kondisi awal sangat besar terjadi.


Baca juga: Sama-sama Bening, Ini Beda Behel Transparan & Clear Aligners™


Jenis attachment pada aligner


Ternyata, aligner attachments memiliki dua jenis dengan jumlah total attachments akan berbeda dari kasus gigi satu dan lainnya.



1. Attachment aktif yang dipasangkan untuk membantu pergerakan gigi



2. Attachment pasif yang berguna untuk membantu agar aligner lebih klop ke gigi


Kedua jenis attachment aligner tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan gigi sang pasien. Dokter akan mengecek terlebih dahulu kondisi gigi pasien, baru setelah itu menentukan penempatan attachment untuk membantu gigi bergerak tanpa memberikan tekanan yang terlalu kuat.


Baca juga: 4 Tips Pakai Clear Aligners™ agar Lebih Nyaman


Bisakah attachment dilepas pasang layaknya aligner?

Attachment ini hampir tidak terlihat karena terbuat dari bahan tambalan yang warnanya menyerupai warna gigi dan direkatkan pada permukaan gigi sebelum dipasangkan aligner. Penggunaan attachment juga tidak akan mengganggu aktivitas maupun penampilanmu sehingga bisa dibiarkan meski sedang melepaskan aligner.


Jika kamu memiliki pertanyaan seputar attachment dan pemasangan aligner gigi, jangan ragu untuk lakukan konsultasi hal tersebut dengan dokter gigi Rata, ya! Dengan begitu, kekhawatiranmu dapat hilang dan kamu bisa mendapatkan informasi yang kamu butuhkan. Konsultasi ini dapat dilakukan secara online, loh.


Konsultasi hingga pencetakan aligner Rata dapat dilakukan secara online, sehingga kamu tidak perlu repot-repot datang ke klinik. Nantinya, alat bantu pencetakan aligner dan hasilnya akan dikirimkan langsung ke rumahmu. Jadi, kamu bisa meminimalkan kunjungan ke klinik. Pilihan lain untuk konsultasi mengenai aligner Rata, kamu dapat mengunjungi klinik Rata atau partner yang tersebar di seluruh Indonesia.


Ingin membuat aligner tanpa repot harus keluar rumah? Yuk, atur jadwal konsultasi online dengan dokter gigi Rata dan cetak aligner kamu sekarang! Tanyakan semua keluhan tentang kesehatan gigimu, baik itu perawatan hingga pemasangan attachment aligner.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar