icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Bisakah Pakai Clear Aligners™ Walau Gigi Ada yang Ompong?/

Bisakah Pakai Clear Aligners™ Walau Gigi Ada yang Ompong?

Gigi Ompong Pakai Clear Aligners
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Penggunaan Clear Aligners sebagai salah satu solusi meratakan gigi kini semakin banyak diminati. Alasannya, karena Alignersdianggap lebih efektif meratakan gigi dalam waktu singkat dibandingkan behel atau kawat gigi. Selain itu, bentuk Aligners yang transparan dan hampir tidak terlihat menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih menggunakannya.


Clear Aligners bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah gigi dan mulut, terutama gigi berantakan (maloklusi). Adapun kasus gigi yang bisa ditangani dengan Aligners adalah gigi berjejal (crowding), gigi tonggos (protrusion), gigi renggang (spacing), cross bite (gigitan silang), dan open bite (gigitan terbuka).


Namun, bagaimana jika pasien memiliki kondisi gigi ompong atau hilang? Bisakah menggunakan Clear Aligners? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini!


Baca juga: Jangan Dibiarkan, Ini Bahaya Gigi Ompong!


Bolehkah calon pasien dengan gigi ompong menggunakan Clear Aligners™?

Gigi ompong merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang bisa dialami oleh semua orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor risiko, mulai dari genetik atau keturunan, infeksi gigi berlubang, penyakit gusi, hingga cedera di sekitar mulut akibat kecelakaan atau benturan keras.


Menurut Rata Head of Dentist, drg. Natasia Kohar, pasien dengan kondisi gigi ompong atau hilang masih tetap bisa menggunakan Clear Aligners™. Hanya saja, kondisi ini tergantung dari berapa banyak jumlah gigi yang hilang.


“Apabila gigi yang hilang terlalu banyak, misalnya lebih dari 4 gigi pada 1 rahang, butuh pemeriksaan lebih lanjut atau alternatif perawatan lainnya,” ungkap drg. Natasia Kohar.


Baca juga: Digital Implant, Cara Terkini Implan Gigi untuk Atasi Gigi Ompong


Selain jumlah gigi yang hilang, ada kondisi lain yang harus diperhatikan pasien dengan kondisi gigi ompong atau hilang saat hendak menggunakan Clear Aligners. Jika gigi yang hilang atau ompong diakibatkan penyakit gusi, maka kemungkinan besar gusi dan jaringan tulang di sekitar gigi tidak sehat. Oleh karena itu, kamu membutuhkan alternatif perawatan lain agar gigi dan gusi dipastikan sehat sebelum menjalani perawatan Clear Aligners™. Cara ini juga dilakukan agar perawatan Clear Aligners bisa bekerja secara maksimal.


Itu dia informasi mengenai pemakaian Clear Alignerspada pasien dengan kondisi gigi ompong. Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan Alignersuntuk meratakan gigi? Salah satu pilihan Clear Aligners™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligners Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Aligners Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligners dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligners gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar