icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Bahaya Gigi Ompong Jika Tidak Diatasi/

5 Bahaya Gigi Ompong Jika Tidak Diatasi

bahaya gigi ompong
dok. FreePik

Gigi ompong merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang bisa dialami oleh semua orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Kondisi kehilangan gigi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor risiko, mulai dari genetik atau keturunan, penyakit gusi, hingga cedera di sekitar mulut akibat kecelakaan, benturan keras, atau pukulan. 

 

Masalah gigi yang hilang atau ompong kerap dianggap sepele oleh sebagian orang. Bahkan, tak jarang gigi yang ompong tersebut dibiarkan begitu saja selama bertahun-tahun. Padahal jika dibiarkan dan tak segera ditangani dengan gigi palsu atau implan gigi, gigi ompong bisa mendatangkan berbagai masalah pada gigi dan mulut. 


Penasaran bahaya apa saja yang bisa ditimbulkan dari gigi ompong? Simak informasinya berikut ini.


 

Efek gigi ompong jika dibiarkan tanpa perawatan

Ada banyak sekali bahaya yang ditimbulkan jika gigi ompong dibiarkan tanpa ada pengobatan. Simak beberapa bahaya gigi ompong seperti dikutip dari situs verywellhealth dan Dental Health Society berikut ini:


1. Kesulitan mengunyah dan menelan makanan

Bahaya gigi ompong yang pertama adalah menyebabkan kesulitan mengunyah dan menelan makanan. Ya, gigi ompong bisa membuat pemiliknya sulit mengunyah dan menelan makanan sehingga berdampak pada menurunnya nafsu makan. Bahkan seseorang yang kehilangan gigi belakang akan memiliki empat kali lebih banyak masalah dalam pengunyahan. 


Baca juga: Penyebab Gigi Ompong di Usia Muda dan Solusinya


2. Perubahan posisi gigi di sebelahnya

Ketika ada ruang kosong, gigi secara alami akan bergeser untuk mengisinya. Bahkan, susunan gigi yang tadinya lurus akan menjadi bengkok dan tidak rata seiring berjalannya waktu. Jika dibiarkan lama kelamaan, gigi di sebelah daerah yang ompong tersebut bisa bergeser atau berubah posisi menjadi miring atau memutar.


3. Gigitan menjadi berubah & tidak teratur

Semua pergeseran itu pada akhirnya bisa menyebabkan gigitan yang tidak teratur. Kondisi ini kerap disebut dengan maloklusi gigi.


 

4. Penyakit gusi

Gigi yang hilang atau ompong biasanya akan meninggalkan kantong terbuka di area gusi yang memungkinkan masuknya bakteri. Kondisi ini bisa mengakibatkan infeksi atau penyakit gusi yang disebut periodontitis. 


Baca juga: Digital Implant, Cara Terkini Implan Gigi untuk Atasi Gigi Ompong


5. Gangguan sendi temporomandibular

Orang yang memiliki gigi ompong di salah satu sisi mulutnya akan cenderung mengunyah menggunakan sisi lainnya yang giginya masih lengkap. Pengunyahan satu sisi ini jika pembersihannya kurang baik, akan membuat penumpukan karang gigi. Selain itu, pengunyahan satu sisi ini juga bisa menyebabkan sendi temporomandibular terganggu.


Itulah penjelasan mengenai dampak gigi ompong yang dibiarkan tanpa perawatan. Jika kamu memiliki keluhan berkaitan dengan gigi dan mulut, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya! Adapun solusi gigi ompong yang disarankan, antara lain pasang gigi palsu atau implan gigi (tanam gigi).


Sudah pernah mendengar Tanam Gigi? Dengan perawatan di Tanam Gigi, kamu dapat melakukan prosedur implan gigi tanpa bedah sebagai solusi gigi ompong yang lebih nyaman dan efektif! Menggunakan teknologi Implant Aligner Technology, prosedur ini tidak membutuhkan bedah dan jahit gusi, sehingga proses penyembuhan jadi lebih cepat. Selain itu, biaya implan gigi di Tanam Gigi 60% lebih terjangkau dibandingkan dengan klinik gigi lainnya*!


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat


Ingin berkonsultasi mengenai solusi gigi ompong atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata, bahkan implan gigi tanpa bedah!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


PURE Dental Aesthetic x Rata.id Menteng | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di Menteng? PURE Dental Aesthetic x Rata.id Menteng hadir sekitarmu!


Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim No.47, RT.1/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu atau ingin book jadwal konsultasi dengan dokter gigi Rata, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website rata.id dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar