icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Berapa Kali Perawatan Saluran Akar Gigi? Cari Tahu di Sini!/

Berapa Kali Perawatan Saluran Akar Gigi? Cari Tahu di Sini!

Berapa Kali Perawatan Saluran Akar Gigi
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Rata Family apakah kamu pernah mendengar perawatan saluran akar gigi? Perawatan ini dapat mengatasi masalah gigi tanpa perlu mencabutnya lho, sehingga kamu tetap bisa mengunyah dan menggigit makanan dengan nyaman. 


Namun, berapa kali perawatan saluran akar gigi harus dilakukan? Pertanyaan ini mungkin banyak ditanyakan oleh kamu yang hendak melakukan prosedur untuk mengangkat pulpa gigi ini. Untuk tahu jawabannya, yuk simak informasi lengkap mengenai durasi waktu perawatan saluran akar gigi berikut ini!


Baca juga: Perawatan Saluran Akar Gigi (PSA): Pengertian, Fungsi dan Prosedur


Apa Itu Perawatan Saluran Akar Gigi?

Perawatan saluran akar gigi (PSA) atau root canal treatment adalah perawatan pengambilan jaringan pulpa/saraf gigi, baik yang masih vital maupun yang sudah nekrotik (mati) dari saluran akar. Proses ini juga akan mengganti jaringan tersebut dengan bahan pengisi untuk mencegah terjadinya infeksi berulang. Pulpa sendiri adalah jaringan yang terletak pada bagian tengah gigi, rongga tersebut berisi saraf dan pembuluh darah.


Fungsi dari dilakukannya prosedur PSA adalah untuk mencegah perluasan infeksi dari pulpa ke jaringan periapikal (ujung akar dan sekitarnya) dengan membersihkan dan mendesinfeksi area saluran akar, sehingga mematikan bakteri penyebab infeksi. Dengan begitu, rasa nyeri yang tak kunjung hilang akibat gigi berlubang dapat diatasi.


ā€œFungsi PSA adalah untuk mempertahankan gigi yang sudah terinfeksi agar bisa tetap berfungsi dengan baik. Soalnya ketika gigi sakit kan tidak mungkin langsung dicabut, kalau dicabut nanti giginya akan ompong. Oleh karena itulah gigi dipertahankan dengan PSA. Jadi nanti bagian dalam gigi akan dibersihkan, setelah itu gigi tidak akan terasa sakit dan akan berfungsi dengan baik lagi,ā€ ungkap Rata Dentist, drg. Nadya. 


Berapa Kali Perawatan Saluran Akar Gigi (PSA)?

Pada kasus tertentu, proses perawatan saluran akar gigi dapat dilakukan dalam sekali kunjungan yang disebut dengan One Visit Endodontic atau Single Visit Endodontic. Namun pada kebanyakan kasus, prosedur perawatan saluran akar gigi memerlukan beberapa kali kunjungan hingga benar-benar tuntas. 


Lalu, mengapa perawatan saraf gigi perlu dilakukan berulang kali? Jika masih terasa sakit di kunjungan pertama, itu menandakan bahwa saluran akar belum steril. Oleh sebab itu, perlu pembersihan ulang dan pemberian medikasi hingga keluhan hilang. Biasanya perawatan saluran akar gigi memerlukan 3-4 kali kunjungan untuk gigi depan dan 5-6 kunjungan untuk gigi belakang.


Baca juga: Pengalaman Perawatan Saluran Akar Sambil Ratain Gigi Pakai Alignerā„¢ Rata


Tahapan Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan saluran akar gigi dibagi ke dalam beberapa tahapan, untuk informasi lebih lengkapnya simak berikut ini:


1. Kunjungan Pertama

Pada kunjungan pertama, tambalan gigi atau jaringan gigi yang rusak (karies) akan dibersihkan menggunakan bur. Tahapan ini juga sekaligus untuk membuka akses ke kamar pulpa dan saluran akar gigi. 


Selanjutnya, pulpa/jaringan nekrotik di dalam kamar pulpa dan saluran akar dikeluarkan. Saluran akar dibersihkan dan dibentuk menggunakan alat yang disebut ā€œfileā€, lalu dibilas dengan larutan steril untuk menghilangkan sisa-sisa serpihan dan sumbatan. 


Setelah saluran akar dikeringkan, selanjutnya dokter gigi akan mengaplikasikan bahan untuk sterilisasi yang diletakkan di dalam saluran akar dan gigi akan ditutup dengan tambalan sementara untuk menjaga agar gigi tetap bersih. Tambalan sementara ini akan dibongkar pada kunjungan berikutnya setelah 7-14 hari kemudian.


2. Kunjungan Kedua

Pada kunjungan kedua, tambalan sementara dibongkar dan bahan sterilisasi dibersihkan. Gigi akan dievaluasi kembali sampai benar-benar bersih dan steril, serta tidak ada sisa jaringan infeksi. Saluran akar kemudian akan diisi dengan bahan pengisi yang disebut ā€œgutta perchaā€ dan dibuat kedap untuk menghindari bakteri masuk atau infeksi ulang.


Setelah itu, kamar pulpa dan permukaan gigi akan ditutup lagi dengan tambalan sementara. Dokter gigi akan mengevaluasi kembali pada kunjungan berikutnya, yaitu 7-14 hari kemudian.


3. Kunjungan Ketiga

Jika gigi sudah tidak menunjukkan tanda dan gejala infeksi serta tidak ada keluhan dari pasien, maka tambalan sementara akan dibongkar dan diganti dengan tambalan permanen berupa tambalan langsung (direct restoration) atau pembuatan crown gigi.


Saluran akar dan tambalan permanen akan dievaluasi kembali jika ada masalah di kemudian hari. Biasanya, dokter gigi akan melakukan rontgen gigi untuk melihat hasil perawatan saluran akar dengan lebih jelas.


Baca juga: Estimasi Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi (PSA) di Klinik dan Rumah Sakit


Itulah informasi lengkap mengenai durasi waktu perawatan saluran akar gigi. Jika kamu memiliki keluhan gigi yang memerlukan perawatan saluran akar gigi, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Alignersā„¢ Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu.


Dapatkan PROMO PAYDAY REWARDS untuk promo ratain gigi spesial sambut gajian. Ada DISKON s.d 60%* yang bisa kamu dapatkan untuk pembelian aligner Rata. HANYA 3 HARI, klaim promonya sekarang juga!



Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Alignersā„¢ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar