icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Berapa Lama Bisa Makan Setelah Pasang Behel?/

Berapa Lama Bisa Makan Setelah Pasang Behel?

Berapa Lama Bisa Makan Setelah Pasang Behel
dok. Rata Indonesia

Pemasangan behel dapat membantu memperbaiki gigi yang berantakan secara efektif. Namun, biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk beradaptasi terhadap rasa sakit dan tekanan pada gusi dan gigi setelah pemasangannya.


Di beberapa minggu pertama, orang yang baru menggunakan behel atau kawat gigi biasanya akan kesulitan mengonsumsi makanan atau mengunyah dengan normal. Namun, berapa lama pengguna bisa makan dengan normal setelah pasang behel?


Baca juga: Lama Pakai Behel? Aligner Bisa Lebih Cepat, Loh. Ini Rahasianya!


Berapa lama bisa makan setelah pasang behel?

Setelah pemasangan behel atau kawat gigi, sebenarnya pengguna bisa langsung mengonsumi makanan apa saja. Namun, orang yang baru menggunakan behel atau kawat gigi disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan tekstur lunak untuk meminimalisir rasa nyeri yang ditimbulkan dari pemasangan kawat.


Berikut ini beberapa jenis makanan bertekstur lunak yang disarankan untuk dikonsumsi setelah pemasangan behel atau kawat gigi:


  • Bubur
  • Sayuran yang sudah dimasak
  • Telur rebus atau scrambled egg
  • Sup ayam
  • Mashed potato
  • Ikan 
  • Pisang
  • Yoghurt
  • Oatmeal


Selain itu, pengguna juga dianjurkan untuk menghindari makanan-makanan tertentu agar tidak menambah rasa sakit dan tekanan pada gusi. Berikut ini jenis-jenis makanan yang harus dihindari pengguna behel:


  • Makanan bertekstur keras: apel, pir, wortel, bengkuang, jagung yang belum dimasak.
  • Makanan kenyal dan lengket: permen, permen karet, gulali, dan boba.
  • Kacang dan biji-bijian: almond, jagung kering, atau biji rami.
  • Makanan berserat kasar: daging merah.
  • Makanan bertekstur renyah: keripik, popcorn, dan lain-lain.


Baca juga: Bolehkah Makan dan Minum saat Sedang Pakai Aligner Gigi?


Pantangan makan setelah pasang behel vs aligner gigi

Jelas sudah bahwa ada anjuran dan pantangan makan setelah pemasangan behel yang perlu diperhatikan. Nah, jika kamu sedang mencari perawatan gigi yang bisa makan apa saja dan tidak ada pantangan makanan, kamu patut mempertimbangkan untuk menggunakan Clear Aligners.


Tidak seperti behel atau kawat gigi, pemakaian Clear Aligners Rata yang bisa dilepas pasang bisa membuat penggunanya bebas makan apa saja. Entah itu makanan bertekstur lunak atau keras sekalipun, kamu bisa bebas makan apa saja, asalkan melepas aligner gigi sebelum makan dan pasang kembali setelahnya.



Jadi, tertarik untuk menggunakan Alignersuntuk meratakan gigi? Salah satu pilihan Clear Aligners™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligners Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Clear Aligners Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligners dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligners gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Temukan klinik Rata terdekat di sekitarmu!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk berkonsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu, silakan hubungi Customer Service Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar. Kami tunggu kedatanganmu, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar