icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Cara Mengatasi Karies Gigi di Rumah, Bisakah?/

Cara Mengatasi Karies Gigi di Rumah, Bisakah?

cara mengatasi karies gigi, perawatan karies gigi
dok. Rata Indonesia

Karies gigi merupakan lubang kecil pada permukaan gigi yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus mutans yang menghasilkan asam dari gula, lalu membentuk plak dan menyebabkan hilangnya mineral dari email gigi. 

 

Jika tidak ditangani, karies gigi dapat berkembang menjadi gigi berlubang. Lantas, bagaimana cara mencegah karies gigi agar tidak semakin parah? Terdapat dua perawatan yang dapat dilakukan, yakni perawatan di klinik gigi atau perawatan di rumah untuk mencegah karies gigi agar tidak semakin parah. 


Perawatan Karies di Klinik Gigi

Berikut jenis perawatan karies gigi yang dapat dilakukan di klinik. Setiap tindakan medis yang dilakukan tentu akan disesuaikan dengan kondisi pasien.


1. Perawatan fluoride 

Perawatan fluoride yang dilakukan di klinik gigi mengandung lebih banyak fluoride dibandingkan di pasta gigi atau obat kumur yang kamu gunakan di rumah. 


2. Tambal gigi

Tambal gigi adalah perawatan utama saat rongga telah berkembang melampaui enamel gigi dan mencegah berkembangnya karies gigi menjadi lebih besar. 


3. Mahkota gigi

Pemasangan mahkota gigi dapat berfungsi untuk menutup gigi sekaligus mengatasi kerusakan parah yang dapat terjadi karena karies gigi. 


4. Cabut gigi

Jika sudah cukup membahayakan, cabut gigi merupakan langkah yang dapat dilakukan ketika karies gigi sudah menyebabkan kerusakan yang parah. 

 

Baca juga: Pakai Aligner™ Rata Tidak Perlu Cabut Gigi 


Cara Mencegah Karies Gigi di Rumah 

Selain perawatan karies gigi yang telah disebutkan di atas, ada juga tips mencegah gigi yang dapat dilakukan di rumah, berikut tipsnya!

 

1. Konsumsi Permen Karet Bebas Gula 

Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan dapat membantu remineralisasi enamel gigi. Permen karet bebas gula mengandung kasein fosfopeptida-kalsium fosfat amorf (CPP-ACP) yang mampu mengurangi bakteri Streptococcus mutans, terutama permen karet yang mengandung xylitol. 


2. Perbanyak Asupan Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk menyerap kalsium dari makanan yang kamu konsumsi. Kamu bisa mengonsumsi vitamin D dari susu atau berjemur di pagi hari. 


3. Rajin Sikat Gigi dengan Pasta Gigi Berfluoride 

Pasta gigi mengandung fluoride sangat penting untuk mencegah gigi berlubang. Rajin menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride secara teratur dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. 


4. Hindari Konsumsi Makanan/Minuman Manis 

Sajian manis dapat menyebabkan karies gigi semakin parah, karenanya menghindari asupan gula dari makanan atau minuman manis sangat penting untuk mencegahnya. 

 

Baca juga: Masalah Gigi Terbanyak di Indonesia 

 

Namun, yang paling penting adalah rajin konsultasi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk mendeteksi dini masalah gigi dan mulut. Hal ini juga bermanfaat mencegah karies gigi yang baru terbentuk dan semakin mudah untuk dokter gigi memperbaikinya. 

 

Kamu bisa mengunjungi Klinik Rata terdekat dan booking konsultasi GRATIS via WhatsApp Customer Service kami atau kunjungi sosial media @rata.id untuk informasi lebih lanjut. 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar