icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Ganti Karet Behel Harus Secara Berkala? Ini Faktanya! /

Ganti Karet Behel Harus Secara Berkala? Ini Faktanya!

ganti karet behel
dok. Rata Indonesia

Karet behel berfungsi untuk menjaga kawat gigi tetap berada di posisi yang tepat dan menyatu dengan bracket. Kawat dan bracket harus menyatu dengan sempurna untuk memiliki kekuatan dan bergerak ke posisi gigi yang ideal. 


Karenanya, pasien harus mengganti karet behel secara rutin, sebab karet behel diketahui mudah melar saat pemakaian. Lalu, berapa lama sebaiknya pasien harus ganti karet behel? 


Kapan harus ganti karet behel? 

Umumnya, lama perawatan merapikan gigi dengan behel berlangsung selama 18-30 bulan, dengan waktu ideal untuk kontrol dan ganti karet behel setiap 2-3 minggu sekali. Apabila ditotal secara keseluruhan, setidaknya kamu membutuhkan sekitar 32 kali ganti karet behel dalam setahun!


Kapan kamu harus mengganti karet behel? Penggantian karet behel biasanya dilakukan saat kontrol ke dokter gigi. Akan tetapi, penggantian kawat behel tidak selalu dilakukan. Dokter gigi akan melihat kondisi gigi terlebih dahulu, apakah sudah waktunya mengganti kawat behel ukuran selanjutnya.


Baca juga: Pengalaman Soviana Ratain Gigi Depan yang Mundur ke Belakang Tanpa Behel


Selain mengganti karet dan kawat behel, terdapat beberapa perawatan lain yang rutin dilakukan seperti pemasangan molar band, button, open coil spring, closed coil spring, dan lainnya. Pasien dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu saat kontrol gigi. 


Akibat tidak rajin ganti karet behel

Salah satu yang bisa terjadi, jika pasien tidak rajin ganti karet behel adalah menghilangnya kelenturan karet behel. Hal ini membuat karet behel tidak lagi memiliki kekuatan untuk menggerakkan gigi ke posisi ideal.  


Hal tersebut dapat berakibat durasi perawatan behel terhambat dan perawatan behel akan berjalan lebih lama. Akibatnya, kerusakan gigi akan muncul, seperti masalah gigi dan gusi. 


Masalah kesehatan gigi seperti karies akibat penumpukan plak di area behel gigi dapat mengakibatkan radang gusi, pembengkakan, hingga pembesaran gusi. Kerusakan tersebut tentu dapat menghalangi perawatan, alhasil perawatan akan semakin lama dan biaya pun bertambah.


Oleh karena itu, jika kamu memutuskan menggunakan behel, harus berkomitmen tinggi. Jangan sampai menunda untuk kontrol rutin ke klinik dan ganti karet behel sesuai anjuran dokter gigi. 


Baca juga: Alternatif Selain Behel, Karin Pilih Clear Aligners™ Rata 

Lalu, adakah cara meratakan gigi tanpa behel? Tentu! Aligner™ merupakan alternatif untuk meratakan gigi, jika kamu tidak memiliki waktu banyak untuk bolak-balik kontrol ke klinik gigi. Selain itu, kamu juga dapat menikmati perawatan meratakan gigi hanya dalam 3-6 bulan*, tanpa mengganggu penampilan, dan bisa dilepas pasang.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar