icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Gigi Ngilu Saat Makan Manis? Ini Cara Mengatasinya!/

Gigi Ngilu Saat Makan Manis? Ini Cara Mengatasinya!

 gigi ngilu saat makan manis, penyebab gigi ngilu saat makan manis, mengatasi gigi ngilu saat makan manis
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Shafira Ananda


Siapa yang suka merasa gigi ngilu saat makan atau minum yang manis-manis? Seringkali hal tersebut bisa terjadi karena adanya gigi berlubang. Selain itu, rasa ngilu mungkin juga terjadi pada individu dengan gigi sensitif terlepas dari adanya gigi yang berlubang atau tidak.


Tidak hanya makan atau minuman manis, rasa ngilu juga bisa timbul saat kamu mengkonsumsi sesuatu yang terlalu dingin atau panas. Lalu apa sih sebenarnya penyebab gigi ngilu? 


Penyebab Gigi Ngilu Ketika Makan dan Minum Manis

Apa penyebab gigi ngilu saat makan atau minuman manis yang sebenarnya? Di dalam lapisan gigi kita, terdapat lapisan dentin yang memiliki pori-pori sangat kecil dan dinamakan tubuli dentin. Jika tubuli dentin ini terkena suatu rangsangan, biasanya rangsangan tersebut akan masuk ke dalam pori-pori dan mencapai saraf yang ada di dalam saluran akar. 


Baca juga: Ratain Gigi Bebas Halangan ala Charissa Jolene 


Nah, makanan dan minuman manis dapat menurunkan kadar keasaman atau pH di dalam rongga mulut. Saat rongga mulut dalam keadaan asam, tubuli dentin dapat mengalami pelebaran. 


Dengan melebarnya tubuli dentin, membuat rangsangan masuk dengan cepat ke saluran akar dan mengenai saraf gigi kamu. Oleh karena itulah, mengapa rasa ngilu dapat terjadi saat mengkonsumsi makanan atau minuman manis. 


Pencegahan Gigi Ngilu Saat Makan dan Minum Manis 

Berikut beberapa tips untuk mengurangi risiko gigi ngilu saat makan dan minum manis. Simak selengkapnya di bawah ini!


1. Scaling 

Memiliki gigi sehat dan bersih merupakan salah satu cara untuk mencegah rasa ngilu pada gigi. Kamu dapat membersihkan karang gigi atau scaling secara rutin agar terhindar dari karang gigi yang mengandung bakteri di dalam mulut. Karang gigi yang menumpuk akan mendesak atau mendorong gusi menjadi turun dan kondisi gusi yang turun inilah yang akan menyebabkan gigi kamu menjadi lebih sensitif.

2. Minum air putih setelah makan dan minum manis 

Kumur dan minum air putih setelah makan dan minum manis sangat disarankan untuk mengurangi sisa-sisa yang menempel di permukaan gigi. Selain itu, air putih juga dapat membuat pH rongga mulut lebih stabil dan kembali normal. 


3. Pilih Pasta Gigi Sensitif 

Menggunakan pasta gigi sensitif juga bisa mencegah rasa ngilu dan menjaga kesehatan gigi, saat gigi kamu mudah ngilu. Pasta gigi sensitif dapat merangsang penutupan pori-pori gigi, sehingga cocok untuk gigi kamu yang lebih sensitif. 


Baca juga: Apakah Gigi Sensitif Bisa Pakai Aligner™ Rata? 


4. Jaga kebersihan dan kesehatan gigi 

Yang paling penting untuk mengatasi gigi ngilu saat makan manis adalah menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Kamu wajib menyikat gigi dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan menyebabkan karang gigi. Jangan lupa flossing gigi untuk hasil yang lebih maksimal. Hindari menyikat gigi terlalu kencang karena kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan gusi menjadi turun sehingga gigi menjadi lebih sensitif.


5. Rutin periksa kesehatan gigi 

Konsultasi gigi merupakan salah satu tindakan preventif untuk mendeteksi dini sekaligus mencegah penyakit gigi sebelum terjadi keluhan yang serius. Kamu disarankan untuk rutin periksa kesehatan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali. 


Kamu bisa mengunjungi Klinik Rata untuk konsultasi GRATIS. Silakan kunjungi www.rata.id atau follow sosial media @rata.id untuk informasi reservasi konsultasi GRATIS dan promo terkait aligner™ Rata.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar