icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Pengguna Behel Wajib Kontrol Setiap Bulan, Aligner Tidak?/

Pengguna Behel Wajib Kontrol Setiap Bulan, Aligner Tidak?

Kontrol behel
dok. Rata Indonesia

Apakah kamu saat ini pengguna behel gigi? Melakukan perawatan behel memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meratakan gigi. Selain itu, kamu juga harus lebih disiplin karena wajib kunjungan rutin ke klinik untuk kontrol behel setiap bulannya. 


Mengapa diperlukan kontrol behel setiap bulan? 

Gigi dapat bergerak karena adanya tekanan yang diberikan oleh kawat gigi. Namun, tekanan yang diberikan ke gigi akan berkurang seiring berjalannya waktu, jika karet pada kawat gigi semakin melar.


Baca juga: Alternatif Selain Behel, Karin Pilih Aligner™ Rata 


Kekuatan karet untuk menahan kawat gigi akan berkurang, sebab perubahan suhu panas dan dingin di dalam mulut dalam jangka waktu yang lama. Kontrol behel secara rutin juga harus dilakukan, karena kawat gigi perlu diganti secara berkala selama perawatan sedang berlangsung. 


Secara garis besar, kontrol atau kunjungan rutin bagi pengguna behel diperlukan untuk: 

1. Mengganti karet. 

2. Mengganti kawat gigi.

3. Penambahan aksesoris lain pada behel sebagai penunjang perawatan.

4. Pembersihan plak dan karang gigi, terlebih di bagian gigi yang sulit dibersihkan saat menggunakan behel.

5. Melihat progress dari perawatan. 


Pergerakan gigi pada behel membutuhkan waktu kira-kira 3 minggu, maka sebaiknya kontrol behel dilakukan secara berkala setiap 3-8 minggu sesuai anjuran dokter gigi. Apabila pasien tidak datang pada jadwal kontrol behel yang telah ditetapkan, akan berisiko terhadap progress perawatan atau kesehatan gigi dan mulut. 


Kontrol behel vs kontrol aligner gigi

Lain halnya dengan pengguna clear aligners™ yang membutuhkan waktu 3-6 bulan* untuk meratakan gigi. Tidak hanya durasi perawatan yang lebih cepat, pasien juga tidak perlu bolak-balik ke klinik untuk kontrol gigi, karena hanya membutuhkan konsultasi sebelum menggunakan aligner gigi dan di akhir perawatan untuk melihat hasilnya. 


Baca juga: Review Marlin Rusli Pakai Aligner™ Rata Lebih Nyaman Dibandingkan Behel


Bagi pasien yang memiliki kendala di tengah masa perawatan, bisa konsultasi dengan dokter gigi Rata secara online. Jadi, tidak perlu mengunjungi klinik gigi untuk konsultasi. Semua biaya konsultasi GRATIS, karena sudah termasuk di dalam perawatan dengan clear aligners™ Rata.

Jika kamu ingin beralih ke clear aligners™ Rata dan mau tahu informasi lebih lanjut silakan kunjungi Instagram kami di @rata.id atau klik www.rata.id.


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar