icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Sudah Rajin Sikat Gigi, Gigi Tetap Kuning? Ini Penyebabnya!/

Sudah Rajin Sikat Gigi, Gigi Tetap Kuning? Ini Penyebabnya!

penyebab gigi kuning padahal rajin sikat gigi
Envato Elements

Mungkin kamu sering bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab gigi kuning padahal rajin sikat gigi. Tidak jarang, hal ini dapat membuat kamu jadi kurang percaya diri. 


Tapi tahukah kamu, kalau gigi kuning bisa terjadi karena pertambahan usia. Hal ini dikarenakan lapisan enamel atau email gigi yang semakin tipis, sehingga warna kuning dari lapisan dentin pun akan semakin dilihat. 


Faktor Penyebab Gigi Kuning 

Selain bertambahnya usia, terdapat beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan gigi kuning meskipun sudah rajin sikat gigi.


1. Menyikat gigi terlalu keras

Siapa yang sering terlalu bersemangat saat menyikat gigi dengan anggapan bisa membuat gigi lebih bersih? Padahal, menyikat gigi terlalu keras, dapat merusak lapisan enamel gigi dan mengekspos lapisan dentin yang berwarna kuning. Hal ini terjadi karena tekanan selama menyikat gigi bisa merusak dan mengikis lapisan enamel yang tipis. Karenanya, lapisan dentin menjadi terekspos, gigi pun semakin menguning. 


2. Minuman bersoda

Minuman bersoda memiliki kandungan asam dan perwarna yang cukup tinggi. Kandungan asam yang tinggi dapat mengikis lapisan email gigi, sehingga gigi tampak lebih kuning. 


3. Teh dan kopi

Teh dan kopi menjadi salah satu penyebab gigi kuning karena zat pewarna yang cukup tinggi. Zat pewarna tersebut dapat menempel di permukaan gigi dan jika tidak dibersihkan dengan optimal dapat menyebabkan gigi kuning. Kandungan tanin pada kopi pun bisa menyebabkan gigi kuning dan asam dari kopi mampu mengikis permukaan email gigi. 


4. Merokok

Nikotin dan tar tembakau yang menempel pada permukaan gigi ternyata bisa menyebabkan gigi kuning, lho! Pada perokok berat, akan tampak kecoklatan bahkan kehitaman pada gigi karena penumpukan nikotin dan tar dari rokok. Tidak hanya rokok tembakau, rokok elektrik atau vape yang memiliki kandungan nikotin juga bisa menyebabkan gigi kuning. 


Baca juga: Gigi Kuning Akibat Vape? Ini Faktanya! 


5. Makanan dan minuman asam 

Kandungan asam yang tinggi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi juga bisa mengikis lapisan gigi. Apabila lapisan email gigi semakin tipis, warna kuning dari dentin gigi pun akan semakin terlihat. 


Cara mencegah gigi kuning 

Karenanya, untuk mencegah gigi kuning disarankan untuk rutin sikat gigi minimal 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang halus dan lembut, serta sikat gigi dengan pelan dan tidak terlalu keras. 


Baca juga: 3 Cara Mengatasi Gigi Kuning yang Paling Ampuh & Cepat 


Jika saat ini kamu memiliki gigi kuning, disarankan untuk menggunakan pasta gigi whiteningyang biasanya mengandung hidrogen peroksida dan dapat membantu memutihkan gigi. Kamu juga bisa melakukan perawatan memutihkan gigi di klinik kami.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar