icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/7 Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan/

7 Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan

Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Rata Family, apakah kamu merasakan gigi ngilu yang berkepanjangan? 


Gigi ngilu merupakan kondisi yang sering muncul tiba-tiba, terutama pada saat mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Namun, kondisi ini tidak boleh diabaikan jika terjadi terus berkepanjangan. Sebab, gigi ngilu bisa menjadi tanda adanya gangguan pada kesehatan gigi maupun gusi. 


Lantas, apa saja yang dapat menyebabkan gigi ngilu berkepanjangan? Simak ulasannya berikut ini!


Baca juga: 7 Penyebab Gigi Ngilu yang Sering Diabaikan


Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan

Apa yang menyebabkan gigi ngilu terus menerus? Setidaknya ada tujuh penyebab gigi ngilu berkepanjangan. Berikut di antaranya:


1. Gigi sensitif

Gigi sensitif dapat terjadi ketika menipisnya enamel gigi atau terbukanya akar gigi. Kondisi ini dapat memicu sensasi rasa ngilu dan nyeri pada gigi. Rasa ngilu tersebut dapat terjadi sebagai respons terhadap sejumlah kondisi, misalnya setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin. 


2. Gangguan pada gusi

Gigi ngilu berkepanjangan juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada gusi. Gangguan pada gusi ini juga bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari perawatan gigi yang kurang baik, penumpukan karang gigi, terlalu keras menyikat gigi, hingga kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol.


3. Abses Periapikal

Penyebab gigi ngilu berkepanjangan lain adalah abses periapikal. Abses gigi merupakan kondisi ketika terdapat kumpulan nanah di pangkal gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri.


4. Gigi berlubang

Gigi berlubang bisa menimbulkan berbagai gejala, salah satunya membuat gigi terasa ngilu. Kalau kondisi ini sedang menimpa kamu, sebaiknya segera diobati! Sebab, masalah gigi ini bisa menimbulkan nyeri atau sakit yang tak tertahankan. Pada beberapa kasus, gigi berlubang bisa menimbulkan komplikasi, mulai dari infeksi gigi, abses gigi, sepsis, hingga gigi tanggal.


Baca juga: Gigi Ngilu Saat Makan Manis? Ini Cara Mengatasinya!


5. Gigi retak

Munculnya rasa ngilu pada gigi juga bisa disebabkan oleh gigi yang retak. Gigi retak bisa disebabkan karena mengunyah makanan yang terlalu keras. Selain itu, penyebab gigi retak lainnya adalah karena benturan atau pukulan benda keras.


Ketika gigi mengalami keretakan, maka gigi bisa diisi dengan bakteri dari plak dan masuk ke pulpa. Hal inilah yang menyebabkan peradangan dan membuat rasa sakit atau ngilu.


6. Tambalan gigi yang rusak

Tambalan gigi yang rusak dapat menjadi alasan kenapa gigi sering ngilu. Tambahan gigi yang sudah rusak atau longgar bisa mempengaruhi akar gigi, sehingga menyebabkan gigi terasa ngilu. 


7. Bruxism

Bruxism adalah kondisi di mana seseorang sering melakukan kebiasaan menggertakkan atau menggeruskan giginya. Biasanya kondisi ini dapat terjadi tanpa sadar atau terjadi karena dipicu stres atau cemas berlebih.


Jika dibiarkan, kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko pengikisan pada email gigi. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan rasa ngilu hingga sakit gigi yang cukup mengganggu.


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Itulah penyebab gigi ngilu berkepanjangan. Jika kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai gigi ngilu berkepanjangan atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar