icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Mengenal Gusi Turun dan Penyebabnya/

Mengenal Gusi Turun dan Penyebabnya

Penyebab gusi turun
dok. Rata Indonesia

Mungkin masih awam di benak kamu dengan istilah gusi turun atau resesi gingiva. Gusi turun adalah suatu kondisi di mana gusi merosot ke bawah dari permukaan gigi, sehingga memperlihatkan permukaan akar gigi.


Kondisi ini merupakan salah satu gejala dari penyakit gusi yang umumnya terjadi pada orang dewasa di atas usia 40 tahun. Namun, tidak dipungkiri resesi gusi juga bisa terjadi pada usia remaja. 


Gejala gusi turun

Simak beberapa gejala atau tanda-tanda yang bisa terjadi jika mengalami gusi turun: 

  • Gusi berdarah setelah menyikat gigi
  • Gusi bengkak dan memerah 
  • Bau mulut tidak sedap 
  • Nyeri pada gusi
  • Gusi tampak turun 
  • Akar gigi terlihat 
  • Gigi goyang


Penyebab gusi turun 

Lalu, apa saja penyebab gusi turun yang harus diwaspadai? Berikut penyebab gusi turun yang bisa kamu hindari.


1. Penyakit gusi

Penyakit gusi disebabkan oleh infeksi bakteri gusi yang dapat menghancurkan jaringan gusi dan tulang penyokong yang menahan gigi berada di posisi idealnya. Penyakit gusi merupakan penyebab utama dari terjadinya gusi turun. 


Baca juga: Punya Riwayat Penyakit Gigi, Boleh Pakai Aligner™?


2. Menyikat gigi terlalu keras

Kesalahan dalam menyikat gigi dapat melukai jaringan gusi. Jika terjadi secara terus menerus dalam waktu lama, dapat meningkatkan risiko terjadinya turun gusi. Menyikat gigi terlalu keras dapat mengikis bagian gigi sekitar gusi, lalu menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif. 


3. Kurang merawat gigi

Selain terdapat kesalahan dalam menyikat gigi, jarang flossing gigi dan tidak kumur dengan obat kumur juga mempermudah plak berubah menjadi karang gigi. Karang gigi yang sudah mengeras terlalu lama juga bisa menjadi penyebab gusi turun. 


4. Perubahan hormon

Fluktuasi kadar hormon perempuan, seperti pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause juga dapat membuat gusi menjadi lebih sensitif. Karenanya, perubahan hormon juga membuat seseorang lebih rentan terhadap gusi turun. 


5. Faktor genetik

Sebagian orang bisa saja lebih rentan terhadap penyakit gusi dikarenakan faktor genetik. Terlepas dari seberapa baik seseorang merawat gigi mereka, faktor genetik menjadi salah satu penyebab seseorang lebih mudah terkena penyakit gusi. 


Baca juga: Review Genu Dianggap Jutek karena Gigi Gingsul 


Lalu, kapan harus periksa ke dokter gigi? 

Segera konsultasikan ke dokter sesegera mungkin jika sudah tampak mengganggu dan mencegah kondisi yang lebih serius. Jika kamu sudah mengalami beberapa gejala atau tanda dari turun gusi, langsung konsultasi ke dokter gigi atau klinik gigi terdekat untuk mengetahui tindakan yang tepat untuk kasus kamu. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu atau mau book jadwal konsultasi dengan dokter gigi Rata, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar