icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Siapa yang Memenuhi Syarat untuk Pakai Clear Aligners™?/

Siapa yang Memenuhi Syarat untuk Pakai Clear Aligners™?

Syarat Pakai Clear Aligners
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Pemakaian Clear Aligners untuk meratakan gigi kini menjadi pilihan sebagian besar masyarakat. Aligner gigi memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh kawat gigi atau behel. Salah satunya bisa dilepas pasang dan tidak mengganggu penampilan karena warnanya yang transparan. Hal inilah yang menjadi daya tarik Clear Aligners .


Clear Alignersbisa membantu kamu dalam mengatasi masalah gigi dan mulut, terutama gigi gigi berantakan (maloklusi). Maloklusi terjadi akibat susunan tulang rahang dan gigi yang tidak sejajar. Selain berpengaruh pada penampilan, maloklusi bisa membuat fungsi rongga mulut kurang maksimal. Maka dari itu, maloklusi perlu ditangani dengan Clear Aligners™.


Meski demikian, tidak semua kasus gigi berantakan bisa ditangani dengan Aligners. Lalu, siapa saja yang memenuhi syarat untuk dapat memakai Clear Aligners? Simak informasi lengkapnya berikut ini!


Syarat pakai Clear Aligners

1. Kondisi Gigi

Menurut Rata Head of Dentist, drg. Natasia Kohar, umumnya pasien yang sudah memiliki gigi permanen seluruhnya dengan didukung oleh jaringan tulang dan gusi yang sehat bisa memakai Clear Aligners™.


Adapun kasus gigi yang bisa ditangani dengan Alignersadalah gigi berjejal (crowding), gigi tonggos (protrusion), gigi renggang (spacing), cross bite (gigitan silang), dan open bite (gigitan terbuka).


Baca juga: Kapan Kamu Harus Pakai Clear Aligner Rata™? Yuk, Cek di Sini!


2. Usia

Orang dewasa dan remaja merupakan usia yang tepat untuk menerima perawatan Clear Aligners. Alasannya, karena pada usia tersebut seluruh gigi permanen sudah tumbuh.  


“Usia yang tepat untuk memakai Clear Alignerspada umumnya adalah 14 tahun ke atas ketika seluruh gigi permanen sudah tumbuh dan tidak ada lagi gigi susu,” ungkap drg. Natasia Kohar.


Lalu bagaimana dengan orang tua, apakah mereka bisa memakai Clear Aligners? Menurut drg. Natasia Kohar, orang dengan usia lanjut tetap bisa menggunakan Clear Aligners. Hanya saja, mereka perlu melakukan pemeriksaan lebih detail mengenai kondisi giginya dan kemungkinan dibutuhkan pemeriksaan penunjang, seperti X-ray.


Baca juga: Aligner untuk Anak, Solusi Merapikan Gigi Si Kecil yang Berantakan


3. Gigi masih lengkap

Syarat memakai Clear Aligners yang terakhir adalah jumlah gigi masih lengkap. Apabila ada gigi yang hilang atau ompong, tetap bisa menggunakan aligner gigi, namun tergantung dari berapa banyak jumlah gigi yang hilang.


“Apabila gigi yang hilang terlalu banyak, misalnya lebih dari 4 gigi pada 1 rahang, butuh pemeriksaan lebih lanjut atau alternatif perawatan lainnya,” tutup drg. Natasia Kohar.


Itulah penjelasan mengenai syarat pakai Clear Aligners. Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan Clear Alignersuntuk meratakan gigi? Salah satu pilihan Clear Aligners™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligners Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Aligners Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligners dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligners gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar