icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/4 Tips Pakai Clear Aligners™ agar Lebih Nyaman/

4 Tips Pakai Clear Aligners™ agar Lebih Nyaman

Tips Pakai Clear Aligners Lebih Nyaman
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Clear Aligners merupakan alternatif untuk meratakan gigi tanpa behel menggunakan plastik transparan. Banyak masyarakat kini memilih Clear Aligners sebagai solusi meratakan gigi, karena prosesnya yang lebih cepat dibanding behel atau kawat gigi.


Perlu diketahui, Clear Aligners bekerja secara bertahap untuk menggerakan gigi kamu ke posisi yang diinginkan. Pasien biasanya mengalami rasa tidak nyaman saat memakai aligner gigi untuk pertama kali atau saat pergantian ke set aligner baru. Rasa tidak nyaman itu seperti gigi menjadi ngilu, air liur bertambah, mulut menjadi lebih kering, hingga sariawan. 


Menurut Head of Orthodontist Rata, drg. Nadya Saputri Halim, beberapa kondisi ini sangat normal karena gigi sedang bergerak dan beradaptasi dengan perubahan. 


“Seperti yang kita tahu, bahwa ini (Clear Aligners) adalah benda asing yang dimasukkan ke dalam mulut. Jadi, apabila menghadapi beberapa hal ini, kamu tidak perlu ragu dan takut,” ungkap dr. Nadya.


Baca juga: Hal-hal yang Sering Terjadi saat Pertama Kali Pakai Clear Aligner, Wajar Kok!


Tips mengatasi rasa tidak nyaman saat memakai Clear Alignerspertama kali

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa tidak nyaman saat menggunakan Clear Aligners kali pertama. Simak tips lengkapnya berikut ini!


1. Minum obat pereda nyeri

Rasa nyeri saat awal penggunaan atau pergantian Clear Alignersbiasanya terjadi dalam beberapa hari. Jika kamu ingin mengurasi rasa sakit tersebut, cobalah konsumsi obat pereda nyeri.


Meskipun ini bukan solusi jangka panjang, namun obat pereda nyeri efektif mengurangi rasa sakit yang kamu alami. Namun, jika rasa sakit yang kamu alami berlangsung lebih dari seminggu dan menimbulkan masalah lain seperti gusi berdarah atau gigi menjadi sensitif, jangan ragu untuk mengkonsultasikan kondisi tersebut dengan dokter gigi. 


Baca juga: Benarkah Pakai Clear Aligners™ Terasa Sakit?


2. Konsumsi makanan dengan tekstur lunak

Saat menggunakan Clear Aligners pertama kali atau pergantian set aligner gigi baru, gigi akan terasa ngilu atau sensitif. Kamu mungkin akan merasa sulit mengunyah makanan bertekstur keras. Karena itu, selama periode ini cobalah konsumsi makanan-makanan bertekstur lunak atau lembut.


3. Tetap rileks

Saat mengalami rasa tidak nyaman di gigi dan mulut, kamu mungkin akan sulit untuk berkonsentrasi, tidur atau berolahraga selama beberapa hari. Meskipun hal ini dapat membuat kamu frustasi, cobalah tetap tenang dan rileks. Yakinlah bahwa rasa nyeri dan tidak nyaman tersebut hanya berlangsung sementara. 


4. Tetap pakai Clear Alignersmu!

Beberapa pasien biasanya memilih untuk melepas aligner gigi sementara ketika mereka merasa sakit atau ngilu pada gigi. Cara ini sangat tidak dianjurkan, karena hal ini bisa membuat pergerakan gigi menjadi kurang maksimal. 


Clear Aligners disarankan dipakai selama 20-22 jam perhari. Nah, ketika kamu menggunakan kurang dari durasi waktu yang dianjurkan maka pergerakan gigi akan menjadi kurang maksimal. Selain itu, aligner gigi yang dipakai secara tidak rutin juga bisa berpengaruh ke fitting Clear Aligners


Tidak mau kan hal itu terjadi? Karena itu, tetap gunakanlah set Clear Aligners meskipun kamu merasa tidak nyaman pada gigi. 


Itulah tips membuat Clear Aligners lebih nyaman saat dipakai pertama kali. Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan Alignersuntuk meratakan gigi? Salah satu pilihan Clear Aligners™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligners Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Aligner Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Clear Aligners Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian aligner dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligners gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar