icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Bolehkah Pakai Clear Aligners™ Rata untuk Lansia?/

Bolehkah Pakai Clear Aligners™ Rata untuk Lansia?

clear aligners untuk lansia
dok. Rata Indonesia

Banyak yang khawatir ketika ingin meratakan gigi dengan clear aligners™ bagi usia lanjut. Namun, apakah aman menggunakan clear aligners™ untuk lansia?

Dapat dikatakan clear aligners™ merupakan pilihan yang tepat untuk meratakan gigi bagi lansia. Hal ini dikarenakan clear aligners™ lebih nyaman digunakan bagi lansia karena dapat dilepas pasang ketika makan sehingga tidak mengganggu fungsi pengunyahan pasien meskipun dilakukan pada usia lanjut. 


Clear aligners™ cukup efektif untuk mengatasi masalah gigi ringan hingga berat bagi lansia. Faktanya, menurut American Association of Orthodontists, jumlah lansia yang mencari perawatan ortodontis meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan meratakan gigi dengan clear aligners™ bekerja cukup optimal bagi lansia.


Baca juga: Perawatan untuk Gigi Renggang Cuma 4 Bulan*


Secara umum, tidak ada batasan usia untuk melakukan perawatan ortodonti, terutama penggunaan clear aligners™. Bahkan, orang yang lebih tua, seringkali memiliki hasil yang lebih baik, dibandingkan yang lebih muda. Lansia terbilang lebih termotivasi dan berkomitmen penuh saat perawatan. 


Akan tetapi, meratakan gigi pada lansia mungkin saja memakan waktu perawatan lebih lama. Hal ini disebabkan karena pada lansia respon jaringan sekitar gigi terhadap gaya ortodontis menjadi lebih lambat sehingga dapat mempengaruhi durasi perawatan clear aligners™. Pada setiap pasien, hasil dan durasi perawatan tergantung pada kasus gigi yang dimiliki pasien serta kedisiplinan saat perawatan. Clear aligners™ disarankan untuk dipakai 20-22 jam per hari selama 10-14 hari setiap setnya. 


Baca juga: Aligner untuk Anak, Solusi Merapikan Gigi Si Kecil yang Berantakan


Oleh karena itu, motivasi dan komitmen saat perawatan menjadi faktor penting keberhasilan meratakan gigi. Pasien juga harus menjaga kebersihan mulut dan gigi saat perawatan clear aligners™, agar hasilnya maksimal dan lebih sedikit masalah gigi di masa mendatang. 


Sudah semakin yakin untuk menggunakan clear aligners™? Untuk info lebih mendalam terkait perawatan dan penggunaan clear aligners™, silakan kunjungi website www.rata.id atau follow Instagram @rata.id. 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar