icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Bolehkah Memakai Clear Aligners™ Jika Ada Implan Gigi?/

Bolehkah Memakai Clear Aligners™ Jika Ada Implan Gigi?

Pakai Clear Aligners dengan Implan Gigi
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Implan gigi merupakan prosedur penanaman akar gigi buatan yang berbentuk seperti baut pada rahang untuk menopang mahkota gigi buatan (crown gigi). Prosedur ini dapat dilakukan untuk mengganti satu atau lebih gigi yang hilang atau rusak, baik akibat gigi tanggal, berlubang, infeksi, penyakit gusi, maupun cedera. Tujuan implan gigi adalah mengembalikan fungsi gigi atau perbaikan penampilan. 


Beberapa pasien yang telah memasang implan gigi kerap bertanya-tanya, apakah mereka bisa menggunakan Clear Aligners untuk meratakan giginya yang berantakan? Untuk tahu jawabannya, simak penjelasan dari Rata Head of Dentist, drg. Natasia Kohar, berikut ini!


Baca juga: Mau Pasang Implan Gigi? Perhatikan Dulu Hal ini!


Bolehkah Menggunakan Clear Aligners™ Jika Ada Implan Gigi?

Menurut Rata Head of Dentist, drg. Natasia Kohar, jika posisi gigi yang diimplan hanya sebagai pegangan Clear Aligners, maka masih berindikasi untuk menggunakan aligner gigi. Meski begitu, pasien harus melakukan pemeriksaan X-ray untuk memastikan bahwa gigi yang sudah diimplan dalam keadaan sehat dan baik.


“Intinya jika pasien ingin melakukan perawatan Clear Alignersdan pemasangan implan gigi secara bersamaan, perlu dievaluasi lebih lanjut kasusnya oleh dokter gigi. Sebab, setiap pasien memiliki kasus yang berbeda-beda,” ungkap drg. Natasia.


Dalam beberapa kasus, pasien biasanya disarankan untuk memasang Clear Alignerssebelum menjalani prosedur pemasangan implan gigi. Tujuannya, agar gigi asli sudah berada di posisi yang diinginkan ketika menerima perawatan implan. 


Hal ini dilakukan karena implan gigi tidak akan bergerak seperti gigi asli setelah ditanamkan. Implan sendiri ditanamkan ke dalam tulang rahang, tempat gigi alami tumbuh. Dengan demikian, ketika kamu menggunakan Clear Alignersdengan implan gigi yang terpasang, kemungkinan besar gigi asli akan bergerak, tapi implan gigi akan tetap di posisi yang sama saat dipasang ke tulang rahang. 


Baca juga: Digital Implant, Cara Terkini Implan Gigi untuk Atasi Gigi Ompong


Apakah Clear Aligners™ Dapat Berpengaruh ke Implan Gigi?

Lantas, bagaimana jika perawatan Clear Aligners dan implan bisa dilakukan secara bersamaan, apakah perawatan aligner gigi bisa memengaruhi posisi gigi yang sudah ditanam dengan implan? 


Menurut drg. Natasia, Alignershanya dapat menggerakkan gigi asli yang masih memiliki akar gigi. Dengan demikian, perawatan aligner gigi tidak akan berpengaruh kepada implan gigi yang sudah dipasang.


Rata Family, itulah penggunaan Clear Aligners pada gigi yang sudah dipasang implan gigi. Jika kamu sudah memasang implan gigi dan ingin menggunakan Aligners gigi untuk meratakan gigimu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi ya! 


Jangan lupa beritahu dokter gigi bahwa kamu sudah pernah melakukan pemasangan implan gigi sebelumnya. Dengan memberikan informasi yang detail dan lengkap, maka dokter gigi pun akan memberikan saran terbaik untuk perawatanmu. 


Tertarik untuk menggunakan Clear Alignersuntuk meratakan gigi tanpa behel? Salah satu pilihan aligner gigi yang terjamin adalah Rata. Clear Aligners Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Clear Aligners Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligners dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Lalu, jika kamu berencana melakukan implan gigi, perawatan di Tanam Gigi menghadirkan solusi untuk gigi ompong dengan prosedur yang lebih efektif dan minim rasa sakit! Menggunakan teknologi Implant Aligner Technology, prosedur ini tidak membutuhkan bedah dan jahit gusi, sehingga proses penyembuhan jadi lebih cepat. Selain itu, biaya implan gigi di Tanam Gigi 60% lebih terjangkau dibandingkan dengan klinik gigi lainnya*!


Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online maupun offline di Klinik Rata untuk melakukan perawatan gigi terbaik yang kamu butuhkan.


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai solusi gigi ompong atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata, bahkan implan gigi tanpa bedah!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


PURE Dental Aesthetic x Rata.id Menteng | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di Menteng? PURE Dental Aesthetic x Rata.id Menteng hadir sekitarmu!


Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim No.47, RT.1/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu atau ingin book jadwal konsultasi dengan dokter gigi Rata, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar