icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Apa Saja Prosedur yang Perlu Dilakukan Sebelum Pakai Aligner Rata?/

Apa Saja Prosedur yang Perlu Dilakukan Sebelum Pakai Aligner Rata?

Prosedur Sebelum Pakai Aligner Rata
dok. Rata Indonesia

Apa saja sih tindakan sebelum menggunakan AlignerRata? Sebelum menggunakan Clear Aligner™, kamu akan disarankan untuk untuk menjalani berbagai prosedur, seperti scaling, cetak gigi, slicing, hingga pemasangan attachment.


Setiap prosedur itu memiliki fungsi yang berbeda, lho! Apa yang harus dilakukan sebelum pasang aligner Rata? Buat kamu yang ingin tahu fungsi dari setiap prosedur itu, yuk simak ulasan di bawah ini!


Prosedur Sebelum Pakai Aligner Rata


1. Scaling

Scaling gigi adalah prosedur pembersihan karang gigi atau plak yang menempel pada gigi. Prosedur ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan sebelum perawatan dengan Aligner.  Mengapa demikian?


Scaling gigi harus dilakukan sebelum perawatan dengan Aligner, karena karang gigi bisa memengaruhi bentuk gigi seseorang. Jika karang gigi ikut tercetak saat proses pencetakan gigi, maka hal ini akan berpengaruh terhadap bentuk Aligner kamu. 


Kapan harus melakukan scaling gigi? Kamu harus melakukan scaling sebelum menjalani prosedur cetak gigi. Pencetakan gigi dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan tertentu, sehingga jika terdapat karang gigi yang masih menempel di permukaan gigi, maka karang gigi bisa ikut tercetak.


2. Cetak Gigi

Selain scaling, prosedur lain yang perlu dilakukan sebelum menggunakan Aligner adalah cetak gigi. Prosedur ini berfungsi untuk membuat replika atau tiruan yang akurat dari situasi rongga mulut seseorang yang mencakup jaringan keras dan jaringan lunak di dalam rongga mulut. Menurut Straight Teeth Direct, replika atau tiruan gigi ini nantinya bisa membantu dokter dalam menganalisis struktur gigi dan rahang, serta membantu dokter dalam membuat rencana perawatan (treatment plan) Aligner.


Di Rata, ada tiga opsi yang bisa dipilih pasien untuk melakukan cetak gigi:

  • Menggunakan 3D Scan di Klinik Rata
  • Menggunakan putty dan sendok cetak di semua Klinik Rata
  • Menggunakan putty dan sendok cetak dari rumah secara mandiri


3. Slicing

Prosedur selanjutnya adalah slicing. Bagi Rata Family yang belum familiar, slicing adalah prosedur mengasah gigi bagian samping yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan ruang antar gigi, agar gigi bisa bergerak secara maksimal. Tindakan ini dilakukan bagi kamu yang tidak memiliki ruang atau gap untuk menggerakan gigi, dan merupakan alternatif dari prosedur cabut gigi (yang biasa dilakukan pada perawatan behel). 


Prosedur ini umum dilakukan dalam perawatan dengan Clear Aligner. Selain itu, prosedur ini juga aman dan tidak akan merusak permukaan gigi, selama dilakukan dengan cara yang tepat.


Kapan slicing dilakukan? Prosedur slicing dilakukan setelah menerima Aligner. Prosedur ini juga dilakukan oleh dokter gigi profesional di Klinik Rata maupun di Klinik Mitra Rata terdekat.


4. Pemasangan Attachment

Selanjutnya ada prosedur pemasangan attachment. Apa itu attachment? Attachment gigi adalah semacam kancing yang dipasang di gigi untuk membantu agar Aligner lebih pas saat dipakai. 


Attachment biasanya berbentuk kotak-kotak kecil dan berfungsi sebagai titik tekan untuk memastikan pergerakan gigi maksimal. Selain itu, attachment juga terbuat dari bahan tambalan sewarna gigi (komposit) tipe flowable, sehingga tidak akan mengganggu estetika. 


Attachment akan bekerja dengan cara membantu menggerakan gigi dengan lebih presisi ke arah yang seharusnya, guna mencapai posisi terbaik dan paling efisien. Sedangkan, tanpa adanya attachment, kemungkinan perataan gigi dengan Aligner akan berlangsung lama.


Sama seperti slicing, pemasangan attachment juga dilakukan setelah kamu menerima Aligner™. Prosedur ini dilakukan oleh dokter gigi profesional di Klinik Rata maupun di Klinik Mitra Rata terdekat.


5. Cabut Gigi

Perawatan Aligner gigi biasanya tidak membutuhkan prosedur cabut gigi untuk penambahan ruang. Namun, prosedur ini bisa saja dilakukan jika memang sangat diperlukan. Maksudnya, jika kondisi gigimu sangat berjejal dan membutuhkan ruang lebih banyak, maka dokter gigi mungkin akan memberikan opsi lain seperti pencabutan gigi. 


Saat prosedur ini, biasanya gigi yang dicabut adalah gigi geraham kecil di kedua sisi pada bagian atas dan bawah, sehingga total gigi yang dicabut berjumlah 4 buah. Nah, dari pencabutan ini bisa didapatkan ruang sekitar 5-7mm.


Itulah informasi mengenai berbagai prosedur yang perlu dilakukan sebelum menggunakan Aligner Rata. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum melakukan perawatan dengan Clear Aligner™, agar bisa mendapatkan prosedur yang tepat ya! Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan Aligner Rata? 


Yuk, segera konsultasikan kasus gigimu dengan dengan dokter gigi Rata! Menariknya konsultasi dengan dokter gigi Rata bisa dilakukan secara online, jadi kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk konsultasi. 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligner gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar