icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Alasan Kenapa Set Clear Aligners™ Harus Diganti Tepat Waktu/

Alasan Kenapa Set Clear Aligners™ Harus Diganti Tepat Waktu

Set Clear Aligners Diganti Tepat Waktu
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Rata Family, apakah kamu memiliki rencana untuk meratakan gigi dengan Clear Aligners?


Dalam proses meratakan gigi dengan Clear Aligners, pasien akan mendapatkan beberapa set Aligners yang akan dipakai selama periode perawatan. Semua set Aligners itu didapatkan pada awal perawatan, sehingga pasien tidak perlu bolak-balik ke klinik gigi untuk melakukan konsultasi dan mengganti set Aligners.


Perlu diketahui, satu set Clear Aligners bisa menggerakan gigi sekitar 0.25-0.5mm*. Oleh karena itulah, penting untuk mengganti set Clear Alignersagar gigi bisa bergerak menuju posisi ideal. 


Namun, kapan pasien harus mengganti set Clear Aligners? Dan apa risikonya jika set Clear Aligners tidak diganti sesuai dengan jadwal yang ditentukan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!


Baca juga: Kapan Pasien Harus Mengganti Set Aligner Gigi?


Kapan Harus Mengganti Set Clear Aligners™?

Menurut aturan pemakaian, pasien disarankan mengganti set aligner gigi setiap 10-14 hari* sekali. Durasi pemakaian set Clear Aligners tersebut akan berbeda setiap pasien, tergantung dari kondisi giginya. 


Sebagai informasi, satu set Aligners harus dipakai selama 20-22 jam per harinya. Kamu hanya boleh melepas set Aligners saat makan, minum minuman panas atau berwarna, dan gosok gigi. 


Baca juga: Dipakai 22 Jam per Hari, Ketahui Waktu yang Diperbolehkan untuk Melepas Aligner


Pentingnya Mengganti Set Clear Aligners™ Tepat Waktu

Setelah mengetahui dengan pasti kapan harus mengganti set Clear Aligners, pastikan kamu menggantinya sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Pasalnya, mengganti set Aligners lebih awal atau cepat bisa berdampak pada rencana perawatan (treatment plan) yang sudah ditentukan sejak awal.


Tak hanya mengganggu treatment plan, mengganti set Aligners lebih cepat juga berisiko membuat pergerakan gigi menjadi kurang maksimal. Pada akhirnya, hal ini dapat berpengaruh terhadap fitting Clear Aligners™. 


Aligner gigi menjadi tidak fit saat dipakai, karena pergerakannya tidak sesuai dengan yang sudah didesain sejak awal. Hal lain yang bisa terjadi adalah timbulnya rasa sakit ketika Aligners dipakai karena pemakaiannya yang tidak sesuai jadwal,” kata Rata Head of Dentist, drg. Natasia Kohar.


Rata Family, itulah beberapa risiko jika kamu mengganti set Alignerslebih cepat. Dengan demikian, kamu harus mengganti set Clear Aligners sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh dokter gigi ya!


Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan Alignersuntuk meratakan gigi? Salah satu pilihan Clear Aligners™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligners Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Aligners Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligners dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligners gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar