icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Sakit Gigi Saat Hamil? Simak 5 Cara Mengatasi dan Pencegahannya!/

Sakit Gigi Saat Hamil? Simak 5 Cara Mengatasi dan Pencegahannya!

cara mengatasi sakit gigi saat hamil
Envato Elements

Telah ditinjau secara medis oleh drg. Jessica Endriyana, M.Si. 


Saat hamil, peningkatan hormon menjadi salah satu penyebab mengapa ibu hamil lebih sering mengalami sakit gigi. Perubahan hormon diduga dapat meningkatkan risiko terbentuknya karang gigi dan pembengkakan pada gusi. 


Peningkatan hormon saat hamil juga bisa menyebabkan mual dan muntah. Hal ini membuat asam lambung yang keluar saat muntah, merusak lapisan enamel gigi dan membuat gigi lebih sensitif.


Terlebih saat hamil, memiliki keinginan lebih tinggi mengonsumsi makanan atau minuman manis yang dapat meningkatkan produksi asam pada mulut. Hal tersebut dapat merusak gigi dan menimbulkan rasa ngilu pada gigi.


Menurut drg. Jessica Endriyana, perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil bisa berpengaruh ke kondisi gusi. Terlebih kebiasaan pola makan saat hamil juga berubah, ibu hamil bisa saja ingin makanan yang terlalu pedas atau asam, sehingga mempengaruhi kondisi mulut si ibu. 


Ketika ibu hamil mengalami muntah-muntah pun, mulut menjadi asam. Hal ini menyebabkan gigi lebih mudah terkikis dan gampang ngilu atau nyeri.


5 Cara mengatasi sakit gigi pada ibu hamil 

Terdapat beberapa pilihan yang dapat dilakukan ibu hamil saat mengalami sakit gigi, sebagai berikut:


1. Obat pereda nyeri 

Untuk meringankan gejala sakit gigi ketika hamil, dokter biasanya meresepkan pereda nyeri seperti paracetamol. Obat ini tergolong aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, tetap konsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu untuk menentukan penyebab dan pengobatan yang tepat. 


2. Obat kumur antiseptik 

Selain mengonsumsi obat pereda nyeri, obat kumur antiseptik juga mampu mencegah pertumbuhan kuman di gigi dan mulut. Untuk mengatasi nyeri yang cukup parah, dokter mungkin memberikan resep obat kumur dengan kandungan benzocaine. Namun, hindari membeli obat kumur tanpa resep dokter. Obat kumur yang dijual bebas, banyak yang mengandung alkohol dan dapat memperburuk kondisi gigi. 


Baca juga: Sakit Gigi Sampai Kepala dan Telinga, Kok Bisa Sih? 


3. Antibiotik 

Cara mengobati sakit gigi pada ibu hamil yang disebabkan oleh infeksi bakteri, maka biasanya dokter akan meresepkan antibiotik. Saat diresepkan antibiotik, sebaiknya harus dikonsumsi hingga habis meskipun sakit gigi sudah mereda. Hindari penggunaan antibiotik tanpa anjuran dokter, karena berisiko menimbulkan efek samping yang berbahaya pada janin. 


4. Kumur air garam  

Air garam dapat dimanfaatkan sebagai disinfektan alami dan obat sakit gigi alami. Berkumur dengan air garam mampu mengangkat kotoran yang tersisa dalam mulut. Caranya cukup mudah, campurkan 1/2 sendok teh garam di segelas air hangat. Aduk hingga larut dalam air dan berkumur selama 10-15 menit. 


5. Kompres dengan es batu

Cara meredakan sakit gigi pada ibu hamil juga bisa dilakukan dengan mengompres area sakit gigi dengan es batu. Sensasi dingin dari es batu kompres, dapat mengurangi rasa nyeri. Langkahnya cukup mudah, bungkus es batu dengan kain, lalu kompres di area yang nyeri. Kemudian tahan sekitar 5-10 menit. Cara meredakan sakit gigi yang satu ini, dapat dilakukan berkali-kali sesuai dengan keinginan.


Cara mencegah sakit gigi saat hamil

Untuk mencegah sakit gigi saat hamil, ibu hamil perlu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara berikut ini: 


  • Sikat gigi minimal 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Pilihlah sikat gigi yang berbulu halus. 
  • Batasi konsumsi makanan dan minuman manis. 
  • Perbanyak minum air putih, menjaga pola makan sehat. 
  • Hindari obat kumur yang mengandung alkohol. 
  • Hindari rokok dan asap rokok. 


Baca juga: 6 Pantangan yang Harus Dihindari saat Sakit Gigi 


Jika ibu hamil sedang mengalami muntah-muntah, hindari langsung menyikat gigi karena asam lambung masih menempel pada lapisan gigi. Asam lambung yang menempel dapat merusak enamel gigi. Berkumurlah terlebih dahulu dengan air bersih lalu gunakan obat kumur berfluoride dan bebas alkohol. 


Penggunaan obat sakit gigi saat hamil harus digunakan dengan berhati-hati di bawah pengawasan dokter gigi. Karenanya, jangan lupa konsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan terbaik atau meminta saran dari dokter obgyn jenis obat apa yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi. 


Pada kehamilan trimester kedua (14-26 minggu) merupakan waktu terbaik untuk melakukan perawatan gigi dan mulut. Silakan kunjungi klinik kami, jika mengalami sakit gigi atau melakukan perawatan gigi selama masa kehamilan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi CS kami atau DM via Instagram di @rata.id.


Dapatkan PROMO 2024 SALEBRATION untuk kamu yang mau ratain gigi di awal tahun ini. Ada DISKON s.d 70%* yang bisa kamu dapatkan untuk pembelian alignerā„¢ Rata. Klaim sekarang juga, promo hanya di minggu ini aja! 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Alignersā„¢ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar