icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Mengenal Dental Spa: Prosedur Perawatan Gigi yang Tawarkan Pengalaman Berbeda/

Mengenal Dental Spa: Prosedur Perawatan Gigi yang Tawarkan Pengalaman Berbeda

Dental Spa
dok. Rata Indonesia

Tak hanya perawatan tubuh dan wajah, saat ini ada inovasi terbaru yang diberi nama dental spa atau spa gigi. Istilah dental spa sebenarnya tidak ada di dalam dunia kedokteran gigi. Namun, perawatan gigi ini kini tengah dimintai di kalangan masyarakat.


Lalu, apa itu dental spa? Yuk, cari tahu informasi lengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, hingga prosedur dental spa dalam artikel ini!


Apa Itu Dental Spa?

Dental spa adalah suatu tindakan perawatan terhadap gigi dan gusi. Prosedur perawatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang berbeda, sebab perawatan ini dilakukan untuk mengurangi kecemasan yang mungkin dapat dirasakan ketika seseorang mengunjungi dokter gigi konvensional. 


Dental spa bertujuan untuk pencegahan, pemeliharaan, dan perawatan kesehatan gigi. Beberapa tindakan prosedur dental spa dapat berupa menghilangkan atau membuang biofilm, menghilangkan noda, membersihkan karang gigi, restorasi gigi, hingga implan gigi. 


Selain perawatan pada gigi, dental spa juga bisa memungkinkan pemeriksaan pada gusi. Jika ditemukan masalah pada gusi, maka dokter akan melakukan perawatan khusus pada area tersebut.


Baca juga: Dokter Gigi Estetika: Pengertian hingga Jenis Perawatan Gigi yang Bisa Dilakukan


Manfaat Dental Spa

Apa manfaat dental spa? Secara umum, manfaat dental spa sama dengan melakukan perawatan gigi secara konvensional. Berikut ini beberapa manfaat dental spa:


  • Membersihkan gigi dari berbagai kotoran sekaliguskarang gigi
  • Merawat sekaligus menjaga kesehatan gigi
  • Menjaga enamel gigi agar tidak terkikis
  • Meningkatkan keindahan atau estetika gigi
  • Mendeteksi gigi berlubang sedari dini


Selain beberapa manfaat tersebut, dental spa juga bermanfaat untuk membuat pasien lebih rileks, sehingga risiko cedera lebih kecil dan lebih mudah ditangani. Terutama jika dibandingkan dengan pasien perawatan gigi konvensional yang cenderung lebih tegang ketika menjalani perawatan. 


Bagi beberapa orang, perawatan ini dianggap lebih cocok untuk pasien dengan kondisi tertentu, seperti mudah stres, atau sensitif terhadap obat dan/atau fobia nyeri.


Prosedur Dental Spa

Setiap klinik gigi memiliki prosedur spa gigi yang berbeda-beda. Namun, secara umum prosedur dental spa akan dimulai dengan pemeriksaan gigi, gusi, dan mulut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan area tersebut dan mendeteksi masalah kesehatan yang mungkin tidak disadari.


Setelah itu, prosedur dental spa akan dilanjutkan dengan kebutuhan pasien. Contohnya, prosedur spa gigi mungkin akan dimulai dengan scaling gigi, kemudian dilanjutkan dengan stain removal (pembersihan noda), hingga terapi oxygen


Selama prosedur spa gigi, dokter akan bertanya mengenai kesehatan umum pasien dan masalah gigi dan mulut apa yang sedang dialami. Jika sudah selesai, dokter gigi akan memberikan anjuran terkait cara merawat kesehatan gigi dengan tepat. Misalnya menganjurkan untuk berhenti merokok (jika pasien perokok), membatasi asupan alkohol, hingga merekomendasikan pola makan yang sehat untuk gigi.


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Kapan Harus Dental Spa?

Orang dengan kesehatan mulut yang baik mungkin hanya perlu datang setiap 12 hingga 24 bulan sekali. Namun, mereka yang memiliki lebih banyak masalah pada gigi atau gusi mungkin membutuhkan pemeriksaan yang lebih sering.


Itulah informasi mengenai dental spa. Jika kamu ingin melakukan prosedur perawatan spa gigi, kamu bisa berkunjung ke Klinik Rata. Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Alignersâ„¢ Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu.


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat



Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Alignersâ„¢ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar