icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Dokter Gigi Estetika: Pengertian hingga Jenis Perawatan Gigi yang Bisa Dilakukan/

Dokter Gigi Estetika: Pengertian hingga Jenis Perawatan Gigi yang Bisa Dilakukan

Dokter Gigi Estetika
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Rata Family, apakah kamu pernah mendengar dokter gigi estetika? Saat ini sudah semakin banyak orang yang beralih ke estetika gigi untuk meningkatkan penampilan senyum mereka. 


Estetika gigi adalah spesialisasi dalam kedokteran gigi yang bertanggung jawab untuk meningkatkan penampilan gigi pasien. Beragam perawatan gigi yang masuk ke dalam bidang ini adalah pemutihan, ortodontik, hingga perawatan-perawatan gigi lain yang bisa memodifikasi bentuk, ukuran, dan warna bagian gigi melalui prosedur invasif minimal.


Lalu, apa saja tugas dokter gigi estetika dan tindakan medis apa saja yang bisa dilakukan dokter gigi estetika? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!


Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Pemeriksaan Gigi Rutin, Apa Saja, Sih?


Apa itu dokter gigi estetika?

Dokter gigi estetika adalah ahli medis yang bertanggung jawab dalam meningkatkan penampilan dan estetik terkait gigi dan gusi. Tindakan medis yang dilakukan dokter gigi estetika umumnya berfokus pada peningkatan estetika gigi terkait warna, posisi, bentuk, ukuran, keselarasan, dan lainnya. 


Kondisi gigi yang ditangani dokter gigi estetika

Ada beberapa jenis kondisi gigi yang bisa ditangani dokter gigi estetika, di antaranya:


  • Gigi terkelupas atau retak
  • Kerusakan gigi
  • Celah atau ruang kecil di antara gigi
  • Perubahan warna pada gigi
  • Gigi yang berbentuk tidak normal
  • Gigi yang tidak sejajar/gigi berantakan (maloklusi)
  • Gigi hilang/ompong


Jenis-jenis perawatan yang bisa dilakukan dokter gigi estetika

Kemajuan teknologi dan inovasi di dunia kedokteran gigi yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir membuat perawatan gigi semakin beragam. Setidaknya ada empat jenis perawatan gigi yang banyak diminati dan bisa dilakukan oleh dokter gigi spesialis, yaitu:


1. Pemutihan gigi (bleaching)

Pemutihan gigi atau bleaching adalah prosedur estetik untuk mencerahkan gigi dengan menghilangkan noda di permukaan gigi. Perawatan ini biasanya melibatkan penggunaan bahan aktif untuk memutihkan gigi, seperti hidrogen peroksida.


2. Ortodontik

Perawatan ortodontik adalah salah satu perawatan di bidang kedokteran gigi yang bertujuan untuk mendapatkan susunan gigi yang rapi dan teratur dan mendukung kesehatan gigi serta mulut.


Ada berbagai jenis alat yang biasa digunakan dalam perawatan ortodontik, seperti alat ortodontik lepasan, alat ortodontik cekat, alat ortodontik kombinasi lepasan dan cekat, hingga alat ortodontik untuk anak-anak dalam masa tumbuh kembang. 


3. Veneer

Veneer merupakan salah satu perawatan estetik yang banyak dipilih untuk memperbaiki penampilan gigi bagian depan. Pasalnya, cara ini bisa digunakan untuk memperbaiki warna hingga struktur gigi. 


Bagi Rata Family yang belum familier, veneer adalah lapisan tipis yang direkatkan secara permanen ke gigi untuk menutupi warna alami, bentuk, atau posisi gigi. Veneer biasanya terbuat dari bahan porselen atau resin komposit.


4. Implan gigi

Implan gigi merupakan prosedur estetik untuk mengganti gigi yang hilang dengan menanamkan struktur titanium ke dalam tulang dan gusi sebagai pengganti akar gigi yang hilang. Material implan gigi yang digunakan biasanya terbuat dari logam titanium yang bersifat biokompatibel atau bisa diterima oleh tubuh dengan baik. 


Baca juga: 3 Alasan Kenapa Dokter Gigi di Indonesia Mayoritas adalah Perempuan


Kapan harus ke dokter gigi estetika?

Jika kamu mengalami gigi yang terkelupas, retak, bengkok, atau berubah warna yang menimbulkan rasa malu atau tidak percaya diri saat tersenyum, segera temui dokter gigi estetika untuk mengatasinya.


Dokter gigi estetika akan merekomendasikan perawatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi gigi kamu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan senyum yang telah kamu impikan sejak lama. 


Itulah informasi seputar dokter gigi estetika. Jika kamu ingin mengunjungi dokter gigi estetika untuk memperbaiki masalah estetik terkait gigi dan mulut, kamu bisa mengunjungi Klinik Rata. Klinik Rata memiliki dokter gigi estetika yang telah berpengalaman dalam melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Dapatkan PROMO NEW YEAR SALE untuk promo ratain gigi spesial di Tahun Baru. Ada DISKON s.d 70%* yang bisa kamu dapatkan untuk pembelian aligner Rata. Slot terbatas, klaim sekarang juga!



Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71 Blok E.1, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Alignersā„¢ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar