icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Gigi Bergeser? Ini Penyebab dan Pencegahannya! /

Gigi Bergeser? Ini Penyebab dan Pencegahannya!

gigi tidak rata, apakah gigi bisa bergeser
dok. Rata Indonesia

Apakah gigi bisa bergeser? Seiring bertambahnya usia, perubahan bisa saja terjadi termasuk posisi gigi. Terkadang, kita tidak sadar bahwa gigi bergeser dan membuatnya terlihat lebih berantakan. 


Idealnya, gigi secara alami bergerak dan bergeser seiring bertambahnya usia seseorang. Perawatan gigi seperti menggunakan aligner merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi gigi berantakan atau bergeser. 


Penyebab Gigi Bergeser 

Kenapa gigi bergeser dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa penyebab mengapa gigi bergeser. 


1. Tekanan gigi

Bertemunya gigi atas dan gigi bawah dapat memberikan tekanan di antara keduanya. Apabila gigi terlalu sering mendapat tekanan, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan ligamen tempat gigi bernaung. Pembengkakan ligamen pun dapat menyebabkan jaringan-jaringan penyokong gigi melonggar, sehingga jika terjadi terus-menerus bisa mengubah posisi gigi. 


2. Bruxism

Bruxism merupakan kondisi di mana seseorang terbiasa menggemeretakkan gigi saat siang atau malam hari saat tertidur. Kondisi ini dianggap sebagai gangguan tidur yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti cemas, stres, mendengkur, atau kelelahan. 


3. Usia

Pada usia tertentu, lapisan gigi akan mulai terkikis seiring bertambahnya usia. Email atau lapisan terluar gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi akan semakin tipis dan mudah rusak. Ketika gigi bawah yang terus-menerus mendapat tekanan dari gigi atas, dapat membuat email gigi lebih cepat aus. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab terjadinya gigi bergeser. 


Baca juga: Waspada! Ini 5 Penyebab Gigi Keropos di Usia Muda


4. Kehilangan gigi

Berkurangnya jumlah atau kehilangan gigi bukan kondisi yang bisa dihindari, baik karena faktor usia atau kecelakaan. ketika terdapat satu atau beberapa gigi yang copot, gigi di sekitarnya akan berusaha mengisi kekosongan ruang tersebut. Hal ini yang menyebabkan gigi bergeser. 


5. Pembusukan gigi

Pembusukan gigi biasa terjadi imbas gigi berlubang atau masalah gigi lainnya. Jika tidak segera ditangani, pembusukan gigi dapat menyebar ke area lain termasuk ke bagian tulang yang berfungsi untuk mempertahankan gigi di posisinya. Rusaknya bagian tulang yang menahan gigi akan mengurangi kekuatan gigi, sehingga menjadi lebih longgar dan mudah bergeser. 


Lalu, bagaimana cara mencegah gigi bergeser?

Pergeseran atau perubahan posisi gigi dapat menyebabkan masalah gigi lainnya jika tidak segera ditangani. Selain itu, posisi gigi yang bergeser dapat mempengaruhi penampilan dan tinggal kepercayaan diri. Berikut beberapa cara untuk mencegah posisi gigi bergeser yang dapat kamu lakukan.


  1. Menggunakan retainer usai perawatan aligner untuk mencegah gigi bergeser kembali 
  2. Memasang implan gigi untuk mengisi kekosongan pada bagian gigi yang hilang 
  3. Melakukan perawatan jika memiliki gigi berlubang atau masalah gigi lainnya
  4. Menghentikan kebiasaan menggertakkan gigi dengan pelindung mulut (mouth guard) yang bisa digunakan pada malam hari
  5. Memperbaiki kebiasaan tidur, karena tidur tengkurap dapat memicu terjadinya pergerakan gigi akibat adanya tekanan pada wajah
  6. Mengatur postur tubuh saat bekerja. Kebiasaan menopang dagu dengan tangan bersandar di meja dapat memberikan tekanan yang memicu pergerakan gigi 
  7. Selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi & flossing gigi rutin dua kali sehari. 


Baca juga: Bolehkah Memakai Clear Aligners™ Jika Ada Implan Gigi?


Yang paling penting dari semua tips untuk menghindari gigi bergeser, kamu disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali untuk menghindari berbagai kesehatan gigi dan rongga mulut. Berikut beberapa list rekomendasi klinik gigi terdekat di sekitarmu, jika ingin melakukan kontrol gigi!


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai cara memperbaiki gigi yang bergeser tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu atau mau book jadwal konsultasi dengan dokter gigi Rata, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar