icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Waspada! Ini 5 Penyebab Gigi Keropos di Usia Muda/

Waspada! Ini 5 Penyebab Gigi Keropos di Usia Muda

Penyabab Gigi Keropos
dok. Envato

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Rata Family, apakah kamu sering mengeluh sakit gigi seperti gigi sensitif dan mudah patah? Jika iya, bisa jadi ini menjadi salah satu tanda bahwa kamu mengalami gigi keropos. 


Gigi keropos adalah gangguan yang disebabkan oleh terkikisnya enamel gigi atau lapisan terluar untuk melindungi sekaligus mencegah kerusakan gigi. Tanda awal dari gigi keropos adalah adanya bercak putih pada enamel gigi yang disebut dengan white spot. Pada tahap ini mulai terjadi proses demineralisasi lapisan gigi yang jika dibiarkan akan semakin parah dan menyebabkan gigi keropos. 


Gigi keropos bisa terjadi pada siapa saja. Umumnya kondisi ini dialami oleh orang lanjut usia, terkait degenerasi fungsi organ. Namun, gigi keropos juga bisa menimpa orang-orang di usia muda. Jika pengeroposan terjadi di usia muda, itu artinya ada sesuatu yang salah pada tubuh. Lantas, apa saja penyebab gigi keropos di usia muda? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!


Baca juga: 3 Solusi Gigi Ompong di Usia Muda, Atasi Sedari Dini


Penyebab Gigi Keropos di Usia Muda

Apa penyebab gigi keropos di usia muda? Setidaknya ada lima penyebab gigi keropos di usia muda. Informasi selengkapnya di bawah ini!


1. Kekurangan asupan fluoride 

Fluoride adalah mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kekuatan gigi. Jika tubuh kekurangan fluoride, maka yang yang akan terkena dampaknya adalah tulang dan gigi. Keduanya berpotensi mengalami pengeroposan.


Selain untuk mendukung pertumbuhan dan kekuatan gigi, fluoride juga berfungsi untuk mengembalikan mineral gigi yang hilang dan bisa memperbaiki kerusakan gigi di tahap awal.


Kamu bisa memperoleh mineral ini dari makanan-makanan seperti udang, teh hitam, kepiting, kopi, kentang, hingga anggur. Selain dari makanan, kamu juga bisa mendapatkan kandungan fluoride pada pasta gigi dan obat kumur sebagai perlindungan dari luar. 


2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam

Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi menjadi keropos. Ini karena asam akan melekat pada permukaan gigi yang bisa menyebabkan larutnya mineral dan melunaknya email gigi yang disebut dengan erosi gigi.


Mengutip American Dental Association, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menimbulkan kerusakan gigi seperti:

  • Makanan manis dengan kandungan gula tinggi, seperti permen
  • Buah-buahan asam, seperti jeruk dan lemon
  • Makanan dengan tekstur lengket, seperti manisan buah
  • Makanan dengan kandungan pati tinggi, seperti keripik kentang
  • Es batu karena bisa merusak lapisan enamel gigi
  • Kopi dan teh yang mengandung kafein
  • Minuman berkarbonasi
  • Minuman beralkohol
  • Minuman olahraga


3. Penggunaan dot susu pada anak

Siapa sangka bahwa penggunaan dot susu pada anak dapat berakibat gigi keropos? Penggunaan dot susu pada anak-anak terutama ketika malam hari menjelang tidur cenderung menjadi penyebab pengeroposan gigi pada usia ini. Ini terjadi karena sisa susu (terutama pada susu formula yang mengandung gula) pada mulut yang tidak sempat dibersihkan ketika anak sudah tertidur, menyebabkan pertumbuhan bakteri yang menghasilkan asam semakin meningkat dan demineralisasi gigi pun terjadi.


Pengeroposan gigi pada anak biasanya terjadi pada gigi depan, kemudian berlanjut menjadi karies gigi yang disebut karies rampan. 


4. Menyikat gigi dengan cara yang salah

Selain penggunaan dot, pengeroposan gigi pada usia dini juga bisa disebabkan oleh cara menyikat gigi yang kurang tepat. Anak-anak yang belum bisa menyikat gigi dengan baik akan meninggalkan sisa-sisa makanan pada gigi dan mulut, sehingga bakteri akan tumbuh dan menghasilkan asam yang membuat gigi menjadi keropos.


5. Mengidap penyakit tertentu

Sistem pencernaan ternyata bisa memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Bagi kamu yang memiliki riwayat GERD atau maag, naiknya asam lambung bisa menyebabkan kerusakan gigi. Alasannya, karena asam lambung yang naik ke mulut bisa mengikis lapisan terluar maupun terdalam gigi. 


Selain GERD, gangguan pola makan seperti bulimia juga bisa menjadi faktor penyebab gigi keropos. Bulimia adalah suatu kondisi ketika seseorang mengalami ketakutan luar biasa akan kegemukan, akibatnya orang tersebut lebih sering memuntahkan makanan dan minuman yang baru dikonsumsi.


Kebiasaan memuntahkan makanan dengan paksa ini ternyata bisa menyebabkan kerusakan serius pada gigi. Cairan yang dimuntahkan penderita bulimia mengandung asam yang bersifat korosif. Semakin sering dan lama gigi terkena asam, maka gigi akan semakin rapuh dan keropos.


Akibat Gigi Keropos

Apa yang terjadi jika gigi keropos? Jika dibiarkan tanpa perawatan, gigi keropos terutama pada gigi permanen dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi yaitu menyebabkan rasa sakit dan kematian gigi sehingga gigi perlu dilakukan pencabutan.


“Gigi kita memiliki peran masing-masing sehingga perlu dijaga keutuhannya agar kita selalu sehat. Ingat, rongga mulut merupakan pintu masuk nutrisi ke seluruh tubuh kita,” ungkap Rata Dentist, drg. Jessica Endriyana M Si.


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Itulah penyebab gigi keropos di usia muda. Jika kamu mengalami kondisi ini, konsultasikan dengan dokter gigi tentang cara mengatasi gigi keropos di usia muda yang sesuai dengan kondisi gigimu sedini mungkin, ya! 


Kamu dapat mengunjungi Klinik Rata untuk perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai gigi ngilu berkepanjangan atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar