icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Mengenal Gigi Kecil (Microdontia): Pengertian, Penyebab, Jenis & Cara Mengatasinya/

Mengenal Gigi Kecil (Microdontia): Pengertian, Penyebab, Jenis & Cara Mengatasinya

Microdontia Ggigi Kecil
dok. Envato

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Apakah kamu memiliki keluhan gigi kecil dibanding dengan ukuran gigi normal? Gigi kecil atau microdontia merupakan salah satu masalah gigi yang cukup sering terjadi. Kondisi ini kerap membuat seseorang merasa kurang percaya diri saat tersenyum.


Lalu, kenapa kondisi gigi kecil bisa terjadi? Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai microdontia berikut ini!


Baca juga: Riset: 57% Orang Berpenampilan Menarik dengan Gigi Rapi Lebih Mudah Dapat Pasangan


Apa itu gigi kecil (microdontia)?

Gigi kecil atau microdontia adalah kelainan pada ukuran gigi yang merupakan suatu kondisi ketika gigi memiliki ukuran yang lebih kecil atau pendek dari gigi normal, dan disertai dengan bentuk gigi yang mengerucut atau meruncing (conical tooth).


Microdontia biasanya hanya terjadi pada satu atau dua gigi. Namun, dalam kasus yang langka, kondisi ini bisa terjadi pada semua gigi. Selain itu, kondisi ini juga umumnya terjadi pada gigi tetap dan jarang terjadi pada gigi sulung. 


Apa penyebab gigi kecil?

Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan microdontia, seperti bawaan dari lahir hingga efek pengobatan tertentu. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan gigi kecil atau microdontia:


  • Dwarfisme (kondisi genetik yang menyebabkan seseorang memiliki ukuran tubuh yang lebih pendek daripada manusia pada umumnya).
  • Sindrom Down (kelainan genetik yang menyebabkan penderitanya memiliki tingkat kecerdasan yang rendah dan kelainan fisik yang khas). 
  • Sindrom Turner (kelainan genetik pada perempuan yang menyebabkan penderitanya bertubuh pendek dan mengalami gangguan kesuburan). 
  • Ectodermal dysplasia (kelainan genetik akibat mutasi atau hilangnya gen-gen tertentu pada kromosom). 
  • Sindrom Williams (kelainan genetik yang menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan).
  • Efek kemoterapi


Baca juga: Tidak Ingin Gigi Anak Tumbuh Berantakan? Rawat Gigi Susu Sejak Dini!


Jenis-jenis microdontia

Microdontia dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu localised microdontia, truly generalised microdontia, relatively generalised microdontia. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.


1. Localised microdontia

Jenis microdontia yang pertama adalah localised microdontia. Jenis ini terjadi ketika hanya ada satu gigi yang terdampak. Ukuran gigi tersebut biasanya terlihat lebih kecil dari gigi-gigi lain di sekitarnya.


2. Truly generalised microdontia

Truly generalised microdontia adalah kondisi yang terjadi ketika gigi berukuran kecil secara keseluruhan. Meskipun jenis microdontia ini paling langka, namun mungkin saja bisa terjadi. Biasanya, jenis microdontia ini dialami oleh orang-orang dengan kondisi dwarfisme atau sindrom Down. Selain itu, jenis ini juga bisa disebabkan oleh efek pengobatan kemoterapi dan radiasi pada masa perkembangan gigi.


3. Relatively generalised microdontia

Jenis microdontia ini ditandai dengan gigi yang tampak lebih kecil dari ukuran rata-rata. Umumnya, kondisi ini terjadi jika seseorang memiliki ukuran rahang yang besar. 


Cara mengatasi microdontia

Microdontia cenderung tidak menyebabkan masalah selama gigi geliginya tetap dalam keadaan kuat dan tidak dipenuhi oleh plak atau karang gigi. Meskipun bentuknya relatif kecil dari ukuran gigi normal, namun jika kondisinya sehat maka akan tetap stabil dan dapat digunakan untuk aktivitas menggigit, menarik, dan merobek makanan yang keras.


Microdontia juga biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri atau kurang nyaman saat mengunyah makanan, hanya saja dari segi estetika penampilan rongga mulut menjadi kurang menarik. Tapi jangan khawatir, jika kamu mengalami kondisi ini, ada banyak sekali perawatan gigi yang bisa dilakukan untuk mengatasi microdontia, seperti:


1. Veneer direct 

Cara mengatasi gigi kecil atau microdontia yang pertama adalah dengan veneer direct. Perawatan ini dilakukan dengan menempelkan bahan resin pada gigi yang berukuran kecil. Setelah mengeras, bahan tersebut akan membuat gigi seperti berukuran normal. 


2. Crown

Selanjutnya dengan pemasangan crown gigi. Cara ini dilakukan dengan menempelkan selubung gigi pada gigi yang terdampak. Selain membuat ukuran gigi terlihat normal, crown gigi juga bermanfaat untuk:


  • Mengembalikan bentuk gigi yang rusak
  • Menyatukan bagian gigi yang retak
  • Menutupi implan gigi
  • Melindungi gigi dari kerusakan
  • Memperkuat gigi


3. Veneer indirect

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi microdontia adalah dengan veneer. Veneer adalah tindakan menempelkan cangkang tipis dari porselen atau keramik pada bagian depan gigi. Penempelan cangkang ini bisa membuat gigi terlihat berukuran normal. 


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Itulah informasi mengenai gigi kecil atau microdontia. Jika kamu memiliki kondisi gigi kecil dan ingin segera diatasi, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi, ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners™ Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar