icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/6 Penyebab Utama Gigi Goyang pada Orang Dewasa, Apa Saja?/

6 Penyebab Utama Gigi Goyang pada Orang Dewasa, Apa Saja?

Penyebab gigi goyang pada orang dewasa
dok. Rata Indonesia

Kalau gigi goyang saat masih kecil, mungkin terdengar biasa karena masih memiliki gigi susu dan belum permanen. Namun, apa yang terjadi ketika gigi goyang pada orang dewasa? Sebelum mengetahui cara penanganan dan bahaya dari gigi goyang pada orang dewasa, simak dahulu yuk beberapa penyebab gigi goyang pada orang dewasa. 


1. Periodontitis 

Periodontitis adalah infeksi serius yang terjadi pada area gusi. Penyebab utama dari periodontitis adalah gigi yang jarang dibersihkan. Ketika kamu jarang menyikat dan flossing gigi, sisa makanan akan menempel di sela-sela gigi dan membentuk plak yang bisa berubah menjadi karang gigi. Gigi yang sudah terpenuhi oleh karang, akan lebih mudah terkena infeksi, termasuk periodontitis. Infeksi tersebut dapat mengikis tulang dan jaringan sekitar gigi, sehingga menjadi penyebab gigi goyang pada dewasa.  


2. Kehamilan 

Siapa sangka kalau kehamilan menjadi salah satu penyebab gigi goyang? Peningkatan hormon progesteron dan estrogen selama kehamilan dapat menyebabkan jaringan ikat dan tulang di sekitar gigi lebih longgar dan membuat gigi mudah goyang. Selain itu, ibu hamil tergolong lebih rentan mengalami masalah gigi dan mulut, yang disebabkan oleh kenaikan hormon. Kadar progesteron yang meningkat dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam mulut, sehingga membuat ibu hamil rentan terhadap masalah gigi dan mulut. 


Oleh karena itu, segera konsultasikan ke dokter gigi, jika mengalami gigi goyang saat masa kehamilan. Terutama, ketika sebelum hamil sudah mengalami masalah gigi dan mulut. Hal ini sangat penting, untuk konsultasi gigi dan mendeteksi dini kemungkinan adanya masalah lain pada gigi dan mulut. 


3. Osteoporosis

Meskipun osteoporosis umumnya terjadi pada pengeroposan tulang penyokong badan, seperti tulang punggung dan pinggang, tidak menutup kemungkinan terjadi pada gigi. Gigi juga dapat terpengaruh, karena gigi dan jaringan tulang penyokong sama-sama terbuat dari mineral dan kalsium. Menurut National Institute of Health, wanita yang mengalami osteoporosis menjadi 3x lebih mungkin mengalami gigi goyang, dibanding yang tidak memiliki osteoporosis. 


4. Cedera pada gigi

Cedera pada bagian mulut, dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya gigi goyang. Pada umumnya, cedera pada mulut disebabkan oleh kecelakaan, terjatuh, atau terkena pukulan pada bagian wajah. Dalam kasus yang parah, cedera di bagian mulut dapat menyebabkan kerusakan pada tulang dan jaringan penyokong gigi, sehingga mengakibatkan gigi patah atau goyang. 


5. Diabetes 

Tidak hanya pada penyakit gigi, penyakit lainnya seperti diabetes dapat menjadi salah satu penyebab gigi goyang pada orang dewasa. Bagi penderita diabetes, biasanya memiliki kadar gula darah yang kurang baik dan meningkatkan risiko terhadap penyakit gusi. Hal ini dikarenakan gula darah yang tidak terkendali yang dapat memicu pertumbuhan bakteri pada mulut. Oleh karena itu, para penderita diabetes lebih rentan terkena radang gusi dan bisa menyebabkan gigi goyang jika tidak diobati dengan serius. 


6. Perawatan ortodonti

Ortodonti adalah jenis perawatan yang dikhususkan untuk meluruskan atau memperbaiki penampilan gigi. Salah satu perawatannya adalah pemasangan behel atau aligner gigi. Ternyata, perawatan ini dapat menjadi salah satu penyebab gigi goyang pada orang dewasa. Pada saat meratakan gigi, posisi gigi dapat berpindah atau remodeling, sehingga gigi bergerak ke posisi yang ideal. Jika kamu merasa saat perawatan gigi seperti longgar, bergerak, atau goyang, tidak perlu khawatir karena hal ini sangat normal terjadi. Setelah gigi menetap di posisi yang ideal, biasanya gigi goyang tidak akan terjadi lagi. 


Berikut beberapa penyebab gigi goyang pada orang dewasa. Gigi goyang dapat diatasi dengan berbagai cara dan penanganan yang berbeda tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu, segera konsultasikan kondisi gigi kamu, jika terdapat masalah tertentu, termasuk gigi goyang. Silakan kunjungi Klinik Rata yang tersebar di seluruh Indonesia atau konsultasi online GRATIS via Zoom untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat.  


Ingin tahu informasi lebih lanjut tentang Rata? Silakan kunjungi website kami di https://www.rata.id atau Instagram @rata.id.


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar