icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Penting Dicatat! Ini Tips Perawatan Gigi pada Ibu Hamil/

Penting Dicatat! Ini Tips Perawatan Gigi pada Ibu Hamil

perawatan gigi pada ibu hamil
Envato Elements

Telah ditinjau secara medis oleh drg. Jessica Endiyana, M.Si. 


Pernah mengeluh tiba-tiba merasakan sakit gigi saat hamil? Mungkin saja ini disebabkan oleh perubahan hormon di tubuh ibu hamil yang berdampak pada kesehatan gigi dan mulut. Lantas, bagaimana perawatan yang tepat agar tidak terjadi di sepanjang kehamilan? 


Masalah gigi yang mungkin terjadi pada ibu hamil 

Tidak hanya kesehatan tubuh dan pemenuhan gizi untuk ibu dan janin, kesehatan gigi dan mulut selama masa kehamilan juga perlu diperhatikan. Bumil, hati-hati dengan masalah gigi yang berikut, yaa.


1. Gusi berdarah

Ibu hamil rentan mengalami gingivitis atau radang gusi. Ini merupakan tahap awal terjadinya penyakit periodontal yang membuat gusi membengkak dan mudah berdarah. Hal tersebut bisa saja terjadi akibat peradangan yang diperburuk oleh perubahan hamil saat hamil. Umumnya, kondisi ini disebabkan kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. 


Baca juga: Apakah Behel Harus Dilepas Saat Hamil? Ini Kata Dokter!


2. Gigi mudah berlubang 

Rasa mual yang dirasakan oleh ibu hamil sering kali membuat mereka malas menggosok gigi. Padahal, muntahan yang keluar mengandung asam yang dapat mengikis dan merusak gigi jika tidak dibersihkan dengan baik. Hal tersebut juga dapat mengeras dan membentuk karang gigi. Akumulasi karang gigi dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak dan menyebabkan radang gusi, gigi goyang, bahkan gigi berlubang. 


3. Karies gigi 

Karies gigi yang berlanjut menjadi gigi berlubang, jika dibiarkan semakin dalam dapat menyebabkan infeksi. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan konsultasi di masa kehamilan. Ibu hamil bisa langsung melakukan tambal gigi untuk menghindari semakin parahnya karies gigi di trimester kedua.


Lantas apakah boleh ke dokter gigi saat hamil? 

Perawatan ke dokter gigi masih aman dilakukan, jika memberitahu kondisi kehamilannya. Dokter gigi dapat melakukan tindakan yang tepat agar tidak membahayakan ibu hamil dan janin. 


Ibu hamil juga sebaiknya berhati-hati, karena terdapat perawatan gigi yang mungkin saja menimbulkan risiko bagi ibu hamil seperti bleaching. Namun, perawatan gigi seperti tambal gigi atau scaling gigi diketahui masih aman dilakukan. 


Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Menggunakan Alat Pemutih Gigi?


Apa yang harus dilakukan jika ingin perawatan gigi saat hamil?

Berikut beberapa tips bagi bumil yang ingin melakukan perawatan gigi selama masa mengandung. Dengan mengikuti rekomendasi berikut, bumil dapat lebih mempersiapkan diri sebelum melakukan perawatan dan merasa lebih nyaman saat melakukannya.


1. Lakukan pada trimester kedua 

Trimester kedua merupakan masa paling aman jika ibu hamil ingin melakukan perawatan gigi. Kondisi fisik ibu hamil cenderung lebih stabil di masa tersebut. 


2. Hindari perawatan gigi di trimester ketiga 

Selama trimester ketiga, ibu hamil disarankan untuk menghindari perawatan gigi. Pada periode ini, ibu hamil menjadi lebih sensitif dan beberapa prosedur dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. 


Menurut drg. Jessica Endriyana, beberapa tindakan invasif seperti cabut gigi, perawatan syarat, atau scaling gigi sebaiknya ditunda saat memasuki trimester ketiga. Bagi pasien yang memiliki gigi sensitif, scaling gigi bisa menimbulkan rasa ngilu dan sakit, hal inilah yang dapat memicu kontraksi pada ibu hamil. 


3. Konsultasi dengan dokter kandungan 

Sebelum menjalani perawatan gigi, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungannya. Hal ini untuk memastikan perawatan yang akan dijalani, aman dilakukan dengan kondisi kehamilannya. 



Di masa kehamilan, sebaiknya ibu hamil juga lebih menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ibu hamil disarankan untuk tetap menggosok gigi secara teratur minimal dua kali sehari, membatasi konsumsi makanan dan minuman manis, serta perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Jika ibu ingin melakukan konsultasi dengan dokter gigi, silakan kunjungi klinik kami saat trimester kedua.


Dapatkan PROMO PAYDAY REWARDS untuk promo ratain gigi spesial sambut gajian. Ada DISKON s.d 60%* yang bisa kamu dapatkan untuk pembelian alignerā„¢ Rata. HANYA 3 HARI, klaim promonya sekarang juga!

Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Alignersā„¢ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar