icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Risiko Gigi Anak Berantakan yang Dibiarkan Tidak Rapi, Hati-hati ya, Parents!/

Risiko Gigi Anak Berantakan yang Dibiarkan Tidak Rapi, Hati-hati ya, Parents!

Risiko Gigi Anak Berantakan yang Dibiarkan Tidak Rapi, Hati-hati ya, Parents!
Envato

Gigi anak yang tidak rapi seringkali disebabkan oleh pola makan dan juga kebiasaan perawatan giginya. Dalam kasus tertentu, kondisi gigi anak berantakan bahkan memerlukan perawatan khusus yang rutin. Hal ini mengharuskan Parents untuk memberikan perhatian lebih. 


Jika gigi si kecil dibiarkan tidak rapi, khawatir dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan dan masalah estetika gigi yang perlu segera diatasi. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai fenomena ini.


Masalah yang Dapat Timbul Akibat Gigi Anak Berantakan

Mungkin Parents bertanya, apakah gigi tidak rapi itu berbahaya bagi kesehatan buah hati? Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai orang tua mengenai kondisi gigi anak yang dibiarkan terus-terusan tidak rapi.


1. Karies dan Plak Gigi 

Gigi anak yang tidak rapi dan saling bertumpuk bisa menyebabkan si kecil sulit membersihkan gigi secara menyeluruh. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan plak pada gigi dan terjadinya karies gigi. 

2. Infeksi dan Peradangan Gusi

Risiko infeksi dan peradangan gusi bisa mengincar si kecil juga loh, Parents. Kondisi gigi anak yang berjejal akan sulit dibersihkan dan berisiko memicu penumpukan plak dan karang gigi, seperti yang telah disebutkan di atas. Namun, lebih jauh lagi, hal ini dapat mengakibatkan radang gusi atau gingivitis. Inilah yang menjadi salah satu tanda awal penyakit periodontal atau penyakit gusi.

Baca juga: Susunan Gigi Anak Berantakan? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Berikut!

3. Kesulitan Mengunyah dan Berbicara

Gigi anak yang tidak rapi dapat mengganggu pertumbuhan gigi permanen dan menyebabkan gangguan pada fungsi mengunyah dan berbicara. Proses mengunyah makanan menjadi lumat agar dapat dicerna lebih mudah oleh sistem pencernaan dapat terkendala. Oleh itu, mengunyah beberapa jenis makanan, seperti yang bertekstur terlalu keras juga dapat menyebabkan masalah tersedak atau gangguan pencernaan.

4. Kurangnya Kepercayaan Diri

Tampilan senyum ideal dengan gigi bersih dan berkilau alami dapat menjadi hambatan bagi sang buah hati jika ia memiliki kondisi gigi berantakan. Gigi anak yang tidak rapi berisiko memengaruhi rasa percaya diri anak dalam berinteraksi sosial. 

5. Risiko Pertumbuhan Rahang yang Tidak Optimal

Gangguan pada pertumbuhan rahang anak juga bisa terjadi akibat gigi yang tidak rapi, yang dapat mempengaruhi penempatan gigi-gigi permanen dan mengakibatkan masalah bite atau gigitan yang tidak tepat.

Gigi yang berjejal pada rahang bawah dapat menyebabkan gigi menonjol dan bergesekan dengan gigi atas, sehingga merusak enamel. Dalam jangka panjang, kondisi ini berisiko memicu gigi patah, gigi berlubang, nyeri rahang atau TMJ (Temporomandibular Joint Syndrome), sakit kepala, dan cedera lainnya.

Solusi untuk Atasi Gigi Anak yang Tidak Rapi

Nah, Parents, simak beberapa tips berikut untuk mengatasi risiko dari gigi anak yang tidak rapi.



1. Perawatan Gigi yang Teratur

Pastikan si kecil melakukan perawatan gigi yang teratur, termasuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan menggunakan bulu sikat yang halus untuk membersihkan sela-sela gigi dan gusi.

2. Pantau Pola Makan Si Kecil

Jaga pola makan si kecil dengan menghindari makanan dan minuman manis yang dapat meningkatkan risiko karies gigi & memperburuk kondisi gigi yang tidak rapi.


Baca juga: 5 Cara Mencegah Gigi Berantakan (Maloklusi) pada Anak

3. Konsultasi ke Dokter Gigi dan Rutin Kontrol Gigi

Segera konsultasikan masalah gigi si kecil dengan dokter gigi. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai dengan kondisi gigi anak. 


Salah satu solusi yang umumnya ditawarkan adalah perawatan ortodontik, seperti pemakaian clear aligners untuk merapikan posisi gigi. Selain itu, dokter gigi juga dapat memberikan saran perawatan gigi yang tepat serta memberi edukasi kepada anak tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut.


Baca juga: Perbedaan Harga Meratakan Gigi Anak dengan Behel vs Aligner

Jangan ragu untuk membawa buah hati Anda untuk perawatan gigi di Klinik Rata ya! Klinik Rata adalah klinik gigi yang menyediakan berbagai perawatan dengan alat berteknologi yang nyaman bagi anak-anak. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi Klinik Gigi Rata yang bisa Anda kunjungi bersama sang buah hati.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Cari tahu daftar alamat Klinik Rataterdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Smile Dental Clinic Gunawarman

Mencari klinik gigi di sekitar Jakarta Selatan? Smile Dental Clinic Gunawarman akan menawarkan pengalaman konsultasi dokter gigi yang lebih menyenangkan!


Alamat: Jl. Gunawarman No.75 3, RT.3/RW.7, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar