icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Kenapa Harus Kirim Foto Gigi Sebelum Perawatan Clear Aligners™?/

Kenapa Harus Kirim Foto Gigi Sebelum Perawatan Clear Aligners™?

Foto Gigi
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Rata Family, kamu diminta untuk mengirimkan foto gigi saat berencana melakukan perawatan meratakan gigi dengan Clear Aligners Rata?


Ada beberapa langkah awal yang harus kamu lakukan saat berencana meratakan gigi dengan Aligners, mulai dari menghubungi Customer Care Rata, mengirimkan foto gigi, hingga mencetak gigi, yang bisa dilakukan di rumah maupun di klinik). 


Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa harus mengirim foto gigi sebelum perawatan dengan AlignersRata? Untuk tahu alasannya, yuk simak artikel di bawah ini!


Baca juga: 7 Langkah Mendapatkan Clear Aligner Rata, Mudah dan Gak Ribet!


Hal-hal yang Dilihat Dokter dari Foto Gigi


Apa saja yang bisa dilihat dokter gigi dari foto gigi yang kamu kirim? Berikut di penjelasannya.


1. Tingkat kebersihan gigi dan mulut

Hal pertama yang dapat dilihat dokter dari foto gigi kamu adalah tingkat kebersihan gigi dan mulut. Dokter gigi bisa melihat apakah kamu rajin merawat gigimu secara rutin atau tidak dari foto yang kamu kirim. 


Selain itu, dokter gigi juga bisa mengkategorikan apakah kamu golongan orang yang hanya sekadar menggosok gigi atau golongan orang yang meluangkan waktu untuk menggosok gigi secara menyeluruh dan menggunakan benang (flossing). 


2. Masalah gusi

Selain tingkat kebersihan gigi dan mulut, dokter juga bisa dengan mudah melihat tingkat kesehatan gusi kamu melalui foto. Mengecek tingkat kesehatan gusi sangat penting dilakukan oleh dokter gigi, karena dapat berpengaruh kepada rencana perawatan Aligners.


Jika calon pasien memiliki riwayat penyakit gusi seperti gingivitis (radang gusi), dokter gigi akan menyarankan kamu untuk mengobati penyakit gusi terlebih dahulu untuk menghindari kerusakan permanen pada gigi. 


Penyakit gusi bisa menyebabkan radang gusi, nyeri, dan infeksi. Bahkan, penyakit gusi yang sudah parah bisa melemahkan tulang rahang dan struktur pendukung gigi. Karena itulah, penting untuk mengobati penyakit gusi sebelum melakukan prosedur ortodonti. Sebab, jika tidak diobati, kondisi ini bisa mengganggu perawatan Alignerskamu. 


3. Karies gigi

Karies gigi adalah istilah medis dari kerusakan gigi atau gigi berlubang. Kondisi ini menggambarkan rusaknya struktur dan lapisan gigi yang terjadi secara bertahap. Hal ini diawali dengan terkikisnya enamel atau lapisan terluar gigi, kemudian menggerogoti dentin atau lapisan tengah gigi, dan pada akhirnya mencapai Pulpa atau jaringan saraf.


Karies gigi timbul dalam berbagai macam warna, karena itu dapat dilihat secara mudah melalui foto. Lalu, apa yang menyebabkan karies gigi? Karies disebabkan oleh bakteri yang melekat pada gigi, yaitu Streptococcus mutans yang mengolah gula dan karbohidrat dari sisa makanan di gigi menjadi asam. Jika terbentuk terlalu banyak, asam ini bisa merusak permukaan gigi. 


4. Kasus gigi

Hal terakhir yang bisa dilihat dokter dari foto adalah kasus gigi yang kamu miliki, apakah gigi berjejal, gigi renggang, gigi tonggos, dan lain sebagainya.


Ya, sebelum memulai perawatan dengan AlignersRata, dokter gigi harus mengecek kasus gigi yang dimiliki oleh pasien. Sebab, tidak semua kasus gigi berantakan bisa ditangani dengan AlignersRata. 


“Umumnya pasien yang sudah memiliki gigi permanen seluruhnya dengan didukung oleh jaringan tulang dan gusi yang sehat bisa memakai Clear Aligners™,” jelas Rata Head of Dentist, drg. Natasia Kohar.


Adapun kasus gigi yang bisa ditangani dengan Alignersadalah gigi berjejal (crowding), gigi tonggos (protrusion), gigi renggang (spacing), cross bite (gigitan silang), dan open bite (gigitan terbuka).


Baca juga: Siapa yang Memenuhi Syarat untuk Pakai Clear Aligners™?


Rata Family, itulah hal yang dapat dilihat dokter dari foto gigi kamu. Bagaimana, semakin tertarik AlignersRata untuk meratakan gigi kamu? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan kirim foto gigi kamu! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar