icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Ternyata Susunan Gigi Memengaruhi Bentuk Wajah! Ini Penjelasannya/

Ternyata Susunan Gigi Memengaruhi Bentuk Wajah! Ini Penjelasannya

Susunan Gigi Memengaruhi Bentuk Wajah
dok. Rata Indonesia

Hampir setiap orang pasti menginginkan gigi rata dan bentuk wajah yang proporsional. Dua faktor ini memang berperan penting dalam menunjang penampilan. 


Rata Family, tahukah kamu kalau susunan gigi bisa memengaruhi bentuk wajah? Ya, susunan gigi yang tidak baik atau kehilangan gigi bisa menimbulkan berbagai masalah, seperti estetika, gangguan fungsi pengunyahan, bicara, hingga kualitas hidup.


Untuk informasi lengkap mengenai hubungan susunan gigi dan bentuk wajah, simak penjelasannya di bawah ini!


Baca juga: Ini Manfaat Punya Gigi Rata, Bikin Pede hingga Menjaga Kesehatan Rahang


Hubungan Susunan Gigi dan Bentuk Wajah

Susunan gigi yang harmonis antargigi rahang atas dan rahang bawah ternyata bisa memberikan efek pada bentuk wajah. Tak hanya itu, dimensi vertikal atau ketinggian dari susunan gigi tersebut juga berperan dalam menentukan ekspresi wajah.


Sebagai contoh, jika seseorang memiliki gigi bertumpuk maka akan menyebabkan mulut terlihat penuh saat menutup dan wajah cenderung akan membentuk ekspresi tegang. Sebaliknya jika seseorang tidak memiliki gigi, maka wajahnya akan membentuk ekspresi sedih akibat sudut bibir yang cenderung membentuk lipatan. 


Kehilangan gigi yang cukup lama akan mengakibatkan terjadinya kebiasaan mengunyah yang buruk. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan pada struktur sendi rahang. Gigi hilang atau gigi ompong yang lama dan tidak diganti juga bisa menyebabkan perubahan pada bentuk wajah, misal wajah terlihat lebih tua, rahang cenderung turun dan tidak stabil, serta bibir dan pipi menjadi turun.


Lalu, bagaimana dengan pencabutan gigi? Apakah prosedur ini bisa mengubah bentuk wajah?


Tidak semua pasien akan mengalami perubahan wajah setelah cabut gigi. Contohnya, pencabutan gigi premolar pada perawatankawat gigi jika memang diindikasikan tidak akan mengubah bentuk wajah. Selain itu, gigi bungsu yang dicabut juga tidak akan mengakibatkan perubahan wajah, karena gigi bungsu memang tumbuh di area tulang rahang yang cukup jauh dari tulang yang membentuk struktur wajah. 


Namun, tindakan cabut gigi depan atas bisa saja menyebabkan tampilan wajah bagian depan terlihat cekung ke dalam jika dilihat dari tampak samping. Jika gigi bawah yang dicabut, maka posisi gigitan bisa bertambah dalam dan membuat wajah tidak simetris.


Baca juga: Clear Aligner Bisa Memperbaiki Rahang? Ini Kata Orthodontist!


Memperbaiki Struktur Gigi dengan Clear Aligners™

Susunan gigi dan bentuk rahang yang turut memengaruhi bentuk wajah dapat ditentukan oleh beberapa faktor, seperti maloklusi, ukuran gigi, rasio rahang bawah dan rahang atas, otot di sekitar mulut, profil skeletal, dan kebiasaan sehari-hari.


Jika kamu memiliki masalah tersebut dan ingin memperbaiki susunan gigi berantakan, maka tindakan yang dapat dijadikan solusi adalah dengan perawatan ortodonti. 


Perawatan ortodonti adalah salah satu perawatan di bidang kedokteran gigi yang bertujuan untuk  mengoreksi ketidakharmonisan tumbuh kembang rahang dan gigi, baik pada anak-anak, remaja, maupun orang dewasa dan lansia. Perawatan ini bertujuan untuk mendapatkan susunan gigi yang teratur, untuk mendapatkan kesehatan gigi dan mulut yang baik dan wajah yang harmonis.


Ada berbagai jenis alat yang dapat digunakan dalam perawatan ortodonti, salah satunya adalah perawatan menggunakan Clear Aligners™ dari Rata. Clear Aligners Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Clear Aligners Rata juga bisa menangani berbagai kasus maloklusi atau gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligners dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligners gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar