icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Perbandingan Biaya Perawatan Behel vs Aligner™/

Perbandingan Biaya Perawatan Behel vs Aligner™

harga behel gigi, berapa biaya pasang behel, harga perawatan behel gigi
dok. Rata Indonesia

Meratakan gigi merupakan investasi jangka panjang yang tidak hanya merawat kesehatan gigi dan mulut, melainkan meningkatkan rasa percaya diri. Kini, perawatan meratakan gigi pun sudah memiliki alternatif selain behel gigi, yakni clear aligners.


Namun, bagaimana perbandingan harga di antara keduanya? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin menggunakan behel. 


Biaya tambahan menggunakan behel

Ada perawatan tambahan sebelum kamu akhirnya pasang behel untuk merapikan gigi. Simak rincian perawatan dan perkiraan harganya di bawah ini!


Foto Panoramic

Sebelum menggunakan behel, beberapa pasien diminta untuk foto panoramic buat melihat gambaran gigi dan jaringan lunak secara menyeluruh. Hasil pemeriksaan ini juga berfungsi untuk merancang jenis perawatan yang sesuai dengan kasus gigi. 


Perkiraan harga foto panoramic pun berbeda-beda. Jika kamu melakukannya di laboratorium, bisa menghabiskan sekitar 400-500ribu. 


Scaling gigi

Sebelum mulai perawatan dan pemasangan bracket, dokter gigi menyarankan untuk membersihkan karang gigi terlebih dahulu. Scaling gigi pun memiliki biaya yang cukup variatif, mulai dari 150-500ribu/gigi. 


Baca juga: Atasi Gigi Renggang Tanpa Behel dengan Aligner™ Rata, Emang Bisa? 


Harga pemasangan behel 

Pemasangan behel sendiri tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, range harganya pun berbeda-beda tergantung jenis behel yang kamu pilih. Harga pasang behel berbahan keramik, mulai dari 10-17 juta atau behel self ligating hingga 22 juta, belum termasuk biaya kontrol bulanan.


Kontrol bulanan 

Berbeda dengan pemakaian aligner™, bagi pengguna behel harus kontrol setiap bulan untuk melihat progress perawatan serta penggantian kawat, karet behel, atau perlengkapan lainnya selama masa perawatan. Biaya kontrol setiap bulannya cukup beragam. Perkiraan harga kontrol behel setiap bulan mulai dari 200 ribu hingga 450 ribu untuk sekali datang.


Harga bracket behel 

Selain kontrol bulanan, pemakai behel berisiko kehilangan bracket behel saat mengunyah jenis makanan yang keras. Tentu membutuhkan biaya ekstra saat kontrol bulanan. Biasanya, biaya yang dipatok setiap bracket yang hilang sekitar 150-200 ribu. 


Harga lepas behel

Tidak hanya memasang behel yang membutuhkan biaya, pasien yang akan melepas behel juga harus mengeluarkan biaya ekstra. Range harga untuk melepas behel sekitar 600 ribu hingga 1 juta sudah termasuk scaling gigi. 


Baca juga: 5 Bahaya Memakai Behel Terlalu Lama, Hati-Hati Efek Jangka Panjang! 


Harga retainer 

Setelah selesai menggunakan behel selama kurang lebih 1-2 tahun atau lebih, pasien disarankan untuk memakai retainer gigi. Retainer gigi berfungsi untuk menahan gigi berada di posisi ideal. 


Harga retainer gigi pun cukup beragam, tergantung jenis yang digunakan. Range harganya sendiri berkisar 2 hingga 2,5 juta untuk retainer atas bawah. 


Meratakan gigi dengan clear aligners™ Rata

Bagaimana setelah melihat kisaran biaya menggunakan behel? Kini, kamu memiliki alternatif lain yang 60% lebih terjangkau daripada behel. Kamu hanya butuh mengeluarkan satu kali pembayaran untuk menggunakan aligner.


Biaya tersebut sudah termasuk scan gigi, beberapa set clear aligners, biaya konsultasi dengan dokter gigi yang hanya perlu saat awal dan akhir perawatan, bahkan terdapat paket aligner™ Rata yang sudah termasuk biaya retainer gigi. Jadi, kamu hanya memerlukan biaya di awal perawatan saja! Harga clear aligners mulai dari 5,9 juta bergantung pada kasus gigi masing-masing pasien, ya!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar